BELAJAR TENTANG KOPI DI KALA PANDEMI

Semakin ke sini, semakin banyak orang yang tertarik menggeluti dunia kopi. Entah karena ingin tahu tentang ‘biji hitam’ ini, atau ingin mencoba peruntungan bisnis di bidang kopi.

SAYANGNYA pandemi yang belum kelihatan usainya ini cukup menjadi tantangan berat bagi mereka yang baru ingin belajar tentang kopi. Dulu sebelum pandemi tiba, ada banyak sekali kegiatan semacam seminar, workshop, event kopi, kelas kopi dan hal-hal lain yang sifatnya off-line. Namun pandemi mengubah segalanya. Pembelajaran tentang kopi secara offline bukan tidak ada sama sekali, namun mungkin frekuensinya sudah berkurang mengingat tidak boleh diadakan keramaian.

Lalu apa yang harus dilakukan mereka yang baru saja ingin belajar tentang kopi di kala pandemi? Menunggu pandemi usai bukanlah sebuah jawaban yang ingin didengar. Berdasarkan obrolan singkat kami kepada salah satu teman yang sempat mengajar kelas kebaristaan, ada beberapa cara agar kamu tetap bisa belajar tentang kopi secara maksmimal!

credit: the times

Belajar Barista Secara Privat

Banyak kelas-kelas barista yang sekarang dibuka hanya untuk satu orang. Kamu bisa cek di kotamu kedai-kedai kopi mana saja yang mengadakan kelas barista. Kami menemukan hampir di seluruh kota besar ada kelas barista yang bisa mengajar satu orang. Meski mungkin budgetnya lebih tinggi sedikit, namun kamu bisa mendapat keuntungan dengan belajar lebih maksimal.

Ikut Webminar Tentang Kopi

Jelilah melihat akun-akun kopi di media sosial yang sering bekerja sama dengan perusahaan atau lembaga tertentu untuk membuat webminar tentang kopi. Di sana tentu ada banyak coffee expert yang ilmunya bisa kamu serap. Selain itu banyak juga workshop online atau coffee course online yang bisa kamu ikuti demi belajar tentang kopi lebih dalam.

Photo credit by webprogramme.co.uk

Buku!
Klasik memang tapi belajar dari buku memang tak pernah habis digilas zaman. Banyak buku-buku bagus yang mengulas panjang lebar tentang kopi. Dan jika belum ada budget untuk membeli, coba mampir ke kedai kopi yang biasanya ada memajang buku-buku kopi. Kamu bisa baca di sana dan kalau sedang tak rame bisa diskusi soal kopi dengan baristanya.

Main ke Blog Kopi

Ada banyak blog kopi baik luar atau dalam negeri yang mengulas tentang kopi. Salah satunya adalah Majalah Otten! Di sana banyak info soal kopi yang bisa menambah khasanah perkopian kamu! Oh iya di ottencoffee.co.id juga kamu bisa belajar seduh karena ada ‘lini’ khusus untuk belajar seduh kopi sendiri di sana.

YouTube

Banyak orang mengaku bahwa mereka belajar kopi asli dari YouTube! Di YouTube Otten Coffee kamu juga bisa belajar banyak. Mulai dari cara seduh, belajar alat kopi, hingga resep kopi.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.