BENARKAH ADA BAGIAN LAIN DARI KOPI YANG BISA DIMINUM SELAIN BIJINYA?

Jika selama ini kamu hanya meminum kopi yang berasal dari biji. Maka kamu harus tahu bahwa ada bagian-bagian lain dari pohon kopi yang juga bisa diseduh.

DULU saya hanya tahu bahwa biji kopi yang diambil dari buah kopi (ceri kopi) adalah satu-satunya bagian dari pohon kopi yang bisa diseduh dan dikonsumsi. Belakangan saya tahu bahwa biji kopi bukanlah satu-satunya bagian dari tanaman kopi yang bisa dinikmati manusia. Ada beberapa bagian lain dari tanaman kopi yang bisa diseduh dan dikonsumsi selayaknya si biji kopi setelah disangrai sempurna. Apa saja bagian dari tanaman kopi selain bijinya yang bisa kamu konsumsi? Berikut jawabannya.

Bunga Kopi

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa bunga kopi juga bisa diseduh. Bunga kopi sendiri adalah bunga yang tumbuh pada pohon kopi yang kelak akan berubah menjadi ceri kopi. Sebelum berubah menjadi buah ceri kopi, bunga kopi ini biasanya dipetik. Saat dipetik dan diolah sedemikian rupa, maka bunga ini bisa diseduh layaknya teh. Beberapa yang sudah mencoba mengatakan bahwa teh bunga kopi menyerupai teh jasmin, oolong dan ada juga yang memiliki after taste vanila.

coffee-flower

Cascara

Sudah bukan rahasia lagi jika kulit dari ceri kopi bisa diolah menjadi minuman yang nikmat. Kini banyak pertanian kopi yang sudah mengolak kulit ceri kopi mereka. Alih-alih dibiarkan begitu saja menjadi limbah, mereka mengelolanya menjadi cascara. Cascara sendiri diproses khusus hingga menyentuh kelembaban tertentu sebelum dinikmati di dalam cangkir. Biasanya cita rasa dari cascara mengikut jenis kopi dan variatesnya. Juga mengikuti cara prosesnya. Cascara yang baik biasanya memberikan after taste fruity yang menyegarkan dan menagih.

Selosoda

Berbeda dengan cascara yang berasal dari kulit ceri kopi, maka Ŝelosoda adalah buah kopi yang dikeringkan (dipisahkan dari biji kopinya). Rasa Ŝelosoda dan cascara berbeda. Rasanya seperti madu manis yang diberi cita rasa jeruk dan lemon organik. Ŝelosoda memberi rasa segar dan biasanya menjadi campuran minuman alkohol. Jika cascara bisa dikonsumsi dengan diseduh begitu saja, maka selosoda yang berasal dari ‘daging’ ceri kopi ini umumnya menjadi campuran aneka minuman.

Daun Kopi

Di Indonesia sendiri menyeduh daun kopi atau yang lebih dikenal dengan kawa daun ini sudah ada dari zaman dahulu. Beberapa daerah di Indonesia seperti di Sumatera Barat dan sekitarnya mengenal daun kopi sebagai minuman yang bisa dikonsumsi. Cara menikmatinya pun mudah saja. Daun kopi diproses (biasanya dikeringkan) lalu direbus dengan belanga (wadah dari tanah liat). Setelah itu dinikmati selagi hangat. Cara menikmatinya sama seperti menikmati teh pada umumnya.

CARI ALAT KOPI UNTUK traveling

 

2,919 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.