BENARKAH AIR SULING BAGUS UNTUK EKSTRAKSI KOPI, SIMAK ULASAN SINGKAT INI

Kopi yang menarik bahkan akan jadi tak menarik jika air seduhan tak sanggup mengoptimalkan karisma rasa yang ada pada bubuk kopi.

HAMPIR semua orang menginginkan seduhan kopi mereka dengan hasil akhir yang sempurna. Tapi, indikasi sempurna tiap orang tentunya berbeda-beda, ada yang fokus pada acidity yang nyaman, aftertaste yang menarik, atau keseimbangan rasa. Namun demikian, bukan berarti kita tidak bisa mengoptimalkan esktraksi rasa sesaat seduh kopi sendiri. Variabel penting lainnya, selain biji kopi yang digunakan, adalah air yang memegang peranan penting.

Bukankah, sajian kopi sebagian besar terdiri dari air? Nah, sebabnya elemen yang terkandung dalam air sangat mempengeruhi hasil akhir ekstraksi. Bagaimana kandungan mineral dan tingkat pH air yang digunakan ketika menyeduh kopi, tentunya memiliki dampak pada karakter rasa. Setidaknya, banyak air yang beredar di sekitar kita, lalu mana yang terbaik untuk menyeduh kopi. Hal ini, menjadi pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab, butuh pengujian khusus untuk mencari tau jawabannya.

Ketidak-puasan kita dengan air untuk seduhan, alhasil membuat kita untuk mencari cara bagaimana air yang kita gunakan bisa optimal untuk menjadi air seduhan. Tentunya dengan membuat instalasi sistem filter di dapur rumah, sah saja asalkan mengetahui batasan air seduhan yang baik untuk ekstraksi. Speciality Coffee Association merekomendasikan standar air yang digunakan untuk air seduhan.

Karakteristik Target Rentang Yang Diterima
Bau Air Clean/Fresh, Odor free
Warna Clear color
Total Klorin 0 mg/L
TDS 150 mg/L 75 – 250 mg/L
Calcium Hardness 4 grains or 68 mg/L 1-5 grains or 17 mg/L – 85 mg/L
Total Alkalinitas 40 mg/L Mendekati 40 mg/L
pH 7.0 6.5 – 7.5
Kadar Sodium 10 mg/L Mendekati 10 mg/L

 

credit: tokyu-hands.co.jp

HARD WATER ATAU SOFT WATER

Soft water identik dengan air yang sudah disuling, dan hard water umumnya air yang memiliki kandungan mineral larut yang banyak. Sekilas, mungkin kita akan berpihak pada soft water untuk menyeduh kopi kita, namun sebenarnya menyeduh kopi dengan hard water mampu mengekstraksi kopi dengan ragam rasa.

Water hardness adalah acuan jumlah magnesium dan kalsium yang larut dalam air. Dan ternyata air yang kaya akan dua mineral ini, khususnya magnesium bagus untuk menciptakan senyawa rasa yang ada pada kopi. Namun, perlu diketahui juga, bahwa terlalu tinggi kadar air tidak baik untuk peralatan kopi dalam jangka panjang.

AIR SULING ATAU AIR BOTOL

Pada umumnya air yang disuling menggunakan sistem penyulingan, menghilangkan kandungan larut yang ada pada air seperti magnesium dan kalsium serta kandungan lainnya. Tentunya, menggunakan air suling membuat hasil akhir dari kopi terlalu biasa. Air suling memiliki filter yang berbeda-beda, juga berbeda pula kemampuan untuk filterisasinya. Namun, secara garis besar konsepnya sama, menghilangkan kandungan yang ada pada air. Tapi, pelajari terlebih dahulu bagaimana sistem filterasinya sebelum kita menggunakannya, karena ada juga sistem filter yang baik dan dapat digunakan untuk menyeduh kopi.

  • Polyphosphate/siliphos treated water
    Air suling dengan filterisasi ini tidak sesuai untuk menyeduh kopi yang nikmat.
  • Distilled water
    Hasil akhir dari kopi menggunakan seduhan air ini terlalu biasa, karena mineral pada air sudah tidak ada lagi. Tapi, dalam jangka panjang peralatan kopi terawat jika menggunakan air ini.
  • Reverse osmosis (RO) water
    RO water mampu menghasilkan kopi yang berkarakter rasa nikmat, namun jika sistem penyulingan RO water dalam keadaan terawat.
  • Activated catalytic carbon treated water
    Filterisasi air suling ini sebenarnya mampu mengekstraksi kopi dengan baik, namun dengan managemen sistem penyulingan yang baik.
  • Activated catalytic carbon  with nano-crystal scale control
    Menggunakan air suling ini memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil akhir rasa kopi yang seimbang
  • Activated catalytic carbon with ion exchange scale control
    Teknologi yang diterapkan pada sistem penyulingan ini, mengontrol water hardness pada titik tertentu. Sehingga mampu untuk mengekstraksi kopi dengan baik.

Lalu, bagaimana dengan air yang dikemas dalam botol, apakah bisa mengoptimalkan ekstraksi kopi jika digunakan untuk seduhan?

Tentunya air kemasan yang ada sekarang berbeda-beda, bahkan jika ada air kemasan yang tidak mampu memberikan kesan ekstraksi yang baik, bukan berarti semua air kemasan tidak mampu mengekstraksi kopi. Air kemasan yang tersedia memiliki sumber air yang berbeda-beda, dan pasti dengan perawatan air yang berbeda juga. Tapi, sayangnya perlu diketahui air kemasan bisa menjadi tidak baik digunakan ketika perawatannya tidak diperhatikan, semisal terpapar cahaya panas matahari langsung menyebabkan meterial yang ada pada kemasan ikut terlarut di air.

Nah, apa pun air seduhan yang kamu gunakan untuk seduh kopi sendiri, tentunya akan menjadi lebih nikmat karena kopinya diseduh dengan penuh kebahagiaan.

src: manualcoffeebrewing.com watertechonline.com sca.coffee img: lowkeycoffeesnobs.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.