BENARKAH COLD BREW ADALAH JENIS KOPI DINGIN PALING SEHAT?

Cold brew dan cold drip dinilai sebagai jenis minuman kopi dingin paling sehat yang pernah ada di semesta. Apakah pendapat ini benar adanya?

CUACA memang tak tertebak. Seringnya gerah dan panas tiba menghantui siang hari kita. Hal ini menyebabkan kita enggan menikmati kopi panas dan beralih pada kopi dingin yang dianggap mampu meredakan dahaga sementara. FYI, karena menurut penelitian justru kopi panas yang mampu meredakan panas.

Namun seperti diketahui bahwa banyak kopi dingin yang beredar di pasaran adalah kopi-kopi yang tidak sehat. Sebut saja kopi instan atau ready to drinks coffee yang ada di swalayan. Belum lagi kemunculan tren kopi susu dingin yang seperti kita tahu terkadang menggunakan ‘kental manis’ dan kandungan manis lainnya yang tidak baik untuk kesehatan.

Lalu apa solusi kopi dingin terbaik? Menurut penelitian di Amerika Serikat, kopi dingin paling sehat datang dari cold brew dan cold drip. Selain hanya terbuat dari kopi terbaik, ya sebut saja single origin pilihan, kopi ini hanya ditambah air saja. Perendaman yang terjadi antara kopi dan air selama berjam-jam ini menurut penelitian mampu menurunkan kadar asam pada kopi tersebut. Kadar asam menurun pada kopi tersebut dan meninggalkan after taste unik yang bisa jadi manis atau fruity tergantung kopi jenis apa yang dipilih.

Jadi jika ingin kopi dingin, tolong jangan pilih kopi dingin instan atau kopi dingin yang manis-manis. Dengan tambahan sesuatu yang manis kopi dingin tidak akan meredakan haus tapi menambah kadar haus itu sendiri. Setidaknya itulah yang dijabarkan para peneliti.

Lalu bagaimana dengan Iced Americano? Jenis kopi dingin ini juga baik sebenarnya. Hanya saja tidak mengalami penurunan kadar asam karena diracik langsung saat itu juga dan tidak mengalami proses ekstraksi dan pengendapan selama berjam-jam. Intinya, pilihlah kopi dingin yang tidak mengandung zat lain selain kopi dan air. Tapi percuma jika kopi dinginnya sudah cold brew dan cold drip tapi alat-alat yang digunakan tidak higienis atau biji kopi dan air yang digunakan tidak benar-benar kualitas terbaik.

Ingat, tubuhmu adalah laboratorium berjalan. Apa yang kamu konsumsi akan bereaksi seketika dan kamu sendiri yang rasakan. Selalu minum kopi yang sehat ya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.