BENARKAH KITA BISA ROASTING GREEN BEAN SENDIRI DI RUMAH, INI TIPSNYA

Menjadi roaster rumahan, mengapa tidak? Semua bisa jadi roaster, tapi belum tentu semua bisa menjadi ahli.

TENTUNYA untuk kita yang sangat antusias dengan apa pun hal yang berkaitan dengan kopi, pasti langsung mencobanya bahkan mengkoleksi sebagian alat kopi unik untuk menghias perlengkapan kopi di dapur rumah kita. Nah, berikut ini bagi coffee enthusiast pasti bukan hal baru lagi untuk melakukan roasting green bean sendiri di rumah. Merasakan petualangan yang tidak bisa orang lain rasakan ketika biji kopi untuk pertama mengeluarkan karismanya saat diroasting.

Apa-apa saja yang perlu untuk dipersiapkan sebelum meroasting green bean, mungkin beberapa hal yang akan diulas berikut ini membantu kita untuk mencoba meroasting green bean sendiri di rumah.

credit: longevitywarehouse.com

PERSEDIAAN GREEN BEAN
Sebelum memulai roasting, pasti kita harus membutuhkan green bean, tidak semua petani yang menjual green bean dalam jumlah sedikit, kita pun tidak mungkin membeli green bean dalam jumlah banyak hanya untuk belajar menyangrai biji kopi. Pergilah ke roastery lokal, cobalah membeli green bean beberapa gram, dalam hal ini roaster sangat senang melayani orang-orang yang ingin belajar tentang kopi.

MEMAHAMI KARAKTER GREEN BEAN
Sebagai roasting sangat penting untuk memperhatikan bagaimana kondisi green bean sebelum diroasting. Dalam persediaan untuk berhari-hari, green bean pasti akan memiliki perbedaan kondisi selama penyimpanan, dan tentunya perlu penanganan yang berbeda. Di industri kopi, sebagai roaster harus menganalisa tingkat kelembapan hingga massa jenis dari si biji kopi sebelum menentukan metode roasting yang bagaimana.

MEMAHAMI TINGKATAN ROASTING
Menjaga panas ketika masa roasting berguna untuk menjaga perubahan tingkatan roasting. Dan umumnya tingkatan roasting ditandai dengan perubahan warna yang terjadi pada si biji kopi. Mulai dari light roast, medium roast, hingga dark roast, semua tingkatan roasting ini juga mempengaruhi karakter rasa dari biji kopi. Namun, jika ditanya tingkatan mana yang nikmat untuk si biji kopi, ini hanya sebatas kesukaan seseorang untuk mengartikan kata nikmat.

credit: beanground.com

MENENTUKAN ALAT ROASTING
Jika di roastery menggunakan mesin roasting yang besar dan tentunya memiliki harga yang sangat mahal, kita bisa menggunakan alternatif dengan peralatan dapur seperti panci/wajan penggorengan atau oven.

  • Penggorengan

Menggunakan alat penggorengan di rumah juga bisa mendapatkan sensasi first crack ketika meroasting. First crack adalah istilah untuk menyebutkan perubahan pertama dari green bean menjadi coffee bean siap untuk diseduh, ditandai dengan suara pelan yang berasal dari perubahan si biji kopi. Tidak perlu menggunakan alat penggorengan yang spesifik, apa pun bahannya yang terpenting mampu memberikan panas hingga sekitar 500°F. Umumnya butuh 8-10 menit, untuk masuk pada tahap perubahan warna, di menit-menit inilah perlu menjaga api untuk hasil yang diinginkan.

  • Oven

Jika menggunakan oven, baiknya memilih oven yang mampu memberikan panas dari bawah dan juga atas, sebab menggunakan oven kita tidak bisa mengaduknya ketika masa roasting berlangsung. Berbeda dengan alat penggorengan, menggunakan oven tentunya menggunakan loyang seperti sedang memanggang cookies. Pilihlah oven yang mampu memanaskan ruang roasting hingga pada suhu panas 470°F – 500°F. Pantaulah hasil roasting, umumnya sekitar 10 hingga 17 menit masa perubahan warna pada biji kopi berlangsung.

  • Mini Coffee Roaster

Tidak mau ribet dengan persiapan segala halnya menggunakan penggorengan atau oven, kita bisa menggunakan Mini Coffee Roaster. Selain berpotensi panas yang disalurkan ke biji kopi merata, juga sangat praktis untuk kita yang sedang ingin mempelajari proses roasting.

MENDINGINKAN BIJI KOPI
Sesaat ketika biji kopi selesai diroasting, sangat perlu untuk mendinginkan biji kopi yang masih panas. Lebih baik langsung menggunakan kipas agar suhu panas yang masih tersimpan pada biji kopi langsung stabil dengan suhu ruangan. Jika tidak menggunakan kipas, maka untuk menurunkan suhu akan melambat dan proses roasting pasti akan terus berlangsung dari sisa suhu panas yang tersimpan di biji kopi yang baru diroasting.

Pernahkah kamu meroasting biji kopimu sendiri di rumah?

src: diycoffeeroasting.com ineedcoffee.com img: coffeeratings

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.