BENARKAH KOPI BAIK UNTUK MATA?

Kopi tak hanya baik untuk kebahagiaan, tetapi ternyata katanya juga ampuh mempertajam penglihatan. 

SAYA dan kalian mungkin tahu bahwa kopi dan kafein yang dikandungnya memiliki begitu banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh manusia. Itu kenapa minuman yang paling banyak diminum nomor dua di dunia ini kerap dinikmati untuk beragam motivasi. Ada yang menikmati kopi demi hobi, kebutuhan dan alasan yang tak kalah penting yaitu kesehatan.

Salah satu manfaat kesehatan yang diberikan kopi ternyata adalah mampu mempertajam penglihatan manusia. Baru-baru ini saya menemukan fakta ini dari buku The Miracle of Caffeine yang ditulis oleh Bennett Alan Weinberg & Bonnie K. Bealer. Pada satu halaman di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa kafein membantu mempertajam penglihatan manusia terutama untuk mereka yang bekerja dengan dominasi indera penglihatan seperti seniman (baik lukis maupun desainer digital), penulis dan sebagainya.

Dikatakan bahwa kopi mengandung asam klorogenik (chlorogenic) yang ternyata merupakan antioksidan yang membantu memperlambat dan mencegah degenerasi pada retina mata manusia. Sehingga saat mengonsumsi kopi yang baik dan benar dengan dosis yang tepat mampu menjaga menurunnya degenerasi retina para peminum kopi.

Jadi dengan mengonsumsi kopi tentunya retina mata akan tetap terjaga kinerjanya. Karena seperti diketahui bahwa retina adalah sebuah lapisan tipis yang berada di bagian belakang mata memiliki fungsi menerima visual yang ditangkap oleh mata. Retina yang penting dalam proses melihat ini memiliki jutaan sel yang peka terhadap datangnya cahaya dan juga sel yang ada pada mata. Kinerja retina bisa menurun karena diakibatkan oleh banyak hal salah satunya adalah penuaan yang tak bisa dihindari.

Meski kopi dikatakan mampu mempertajam penglihatan, tapi bukan berarti retina dan fungsi mata tak bisa terganggu ya. Minum kopi akan sia-sia jika kamu memiliki kebiasaan buruk seperti terlalu lama di depan komputer, tak kenal waktu menatap layar handphone serta mata kerap terkena debu setiap hari. Intinya tetap jaga kesehatan mata semabari tak lupa menikmati nikmat kopi setiap hari.

Jadi sudahkah kamu ngopi hari ini?

Foto utama dari infocuseyecare.com.au

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.