BENARKAH KOPI BISA MENCEGAH ALERGI?

Kopi dan puluhan manfaatnya memang tak bisa disangkal kebenarannya. Namun benarkah kopi mampu mencegah alergi juga?

SEBUAH penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di Korea Selatan seperti yang dikutip dari BBC News menguak satu harapan luar biasa bahwa kopi bisa memiliki implikasi yang mampu menyelamatkan banyak orang yang alergi terhadap kacang-kacangan dan sengatan lebah. Hal ini bisa dipertanggungjawabkan karena mereka sudah melakukan rangkaian penelitian dan mengujinya.

credit: delicious.com.au

Ilmuan sebelumnya telah menemukan bahwa kopi dingin memiliki sifat antielergi karena memiliki kemampuan dalam mengurangi pelepasan histamin dari mast cells manusia. Pada orang-orang yang mengidap alergi atau mereka yang rentam, mast cells melepaskan histamin pada jaringan yang terkena saat dipicu oleh zat seperti debu, serbuk sari dan sejenisnya.

Foto dari osu.edu

Para peneliti dari Universitas Wongkwang di Korea Selatan menyelidiki peran kafein ini untuk menghentikan anaphyactis shock yaitu sebuah serangan mendadak yang terjadi saat terkena alergi yang bisa menyebabkan kematian. Para peneliti ini menyuntikkan tikus di laboratorium dengan senyawa sintetis yang disebut dengan 48/80 untuk mengaktifkan mast cells dan dengan cepat melepaskan histamin dalam jumlah besar. PAda tikus yang tidak diobati, suntikan tersebut menyebabkan reaksi alergi yang fatal. Tetapi ketika mereka mngulangi tes tersebut dan memberi tikus infus kafein, banyak dari tikus tersebut yang selamat. Hanya sejumlah 0,1 miligram kafein perkilogram yang setara dengan secangkir kopi hitam kental mampu memangkas kematian hampir setengahnya.

Credit : hartfamilychiro.com

Kim Hyung-Min selaku pemimpin dari penelitian ini berharap kafein bisa memiliki efek serupa pada manusia. “Kafein mungkin efektif dalam gangguan alergi kronis dan mungkin akan berhuna dalam mencegah alergi yang kerap menimpa manusia sehari-hari,” paparnya kepada BBC News. 

Hingga hari ini penelitian terus berlangsung dan semoga kafein pada secangkir kopimu benar-benar bisa membantu siapa saja yang terkena alergi di masa depan!

Artikel disunting dari BBC News

Foto utama dari travelandleisure.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.