BENARKAH KOPI BISA MENGGANGGU FUNGSI KERJA GINJAL?

Banyak mitos tentang kopi yang beredar tanpa kejelasan. Salah satunya adalah tentang kopi yang bisa mengganggu fungsi kerja ginjal.

GINJAL adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk menyaring dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Apapun yang masuk ke tubuhmu akan disaring oleh organ ginjal ini. Salah satunya kopi apabila kamu menikmati kopi setiap hari.

Lalu apakah benar meminum kopi setiap hari akan menganggu fungsi kerja ginjal kita? Jawabannya tentu tidak benar. Jika kamu memiliki ginjal yang sehat, dengan kata lain kamu tidak pernah bermasalah dengan ginjalmu, maka minum kopi dengan batas 200 mg kafein atau sekitar dua atau tiga cangkir kopi sehari tidak akan mengganggu fungsi kerja ginjal.

Jumlah kafein yang disebutkan tadi masih sangat aman untuk tubuh. Jumlah 200 mg kafein ini tidak akan membentu batu ginjal atau mitos-mitos penyakit yang bisa menyerang ginjal lainnya. Tak hanya kopi saja, minuman lain yang mengandung kafein dan pewarna buatan juga tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak agar ginjal senantiasa sehat dan tak terganggu fungsi kerjanya.

Selain itu disarankan juga untuk mengonsumsi air mineral yang cukup dan menjaga tubuh dari makanan yang tidak sehat. Jadi sebenarnya bukan kopi yang bisa merusak ginjal, tapi gaya hidup kita yang tidak sehat yang bisa jadi penyebab paling tinggi. Namun, jika kamu sudah memiliki penyakit ginjal baik itu batu ginjal dan lainnya, disarankan untuk berhenti minum kopi dan minuman berkafein lainnya agar ginjal yang sudah terjangkit penyakit itu tidak semakin parah sakitnya.

Minum kopi dengan cukup, makan makanan yang sehat serta pola tidur dan istirahat yang cukup akan membuat ginjal ikut sehat.

 

Foto utama dari una.folger.edu

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.