BENARKAH KOPI BISA MENYADARKAN MEREKA DARI MABUK?

Terlalu banyak mitos dan fakta yang tersebar tentang kopi. Salah satunya adalah kopi yang katanya mampu menyadarkan mereka yang sedang mabuk.

KAFEIN dalam kopi memang memberikan sinyal ‘terjaga’ pada tubuh kita. Namun benarkan hal tersebut mampu menyadarkan orang dari mabuk alkohol? Setelah berkonsultasi dengan nutrisionis ternyata hal tersebut hanya mitos saja. Kopi tidak bisa menyadarkan seseorang dari mabuknya. Karena molekul dalam kopi seperti adenosin, adrenalin dan kafein tidak bekerja untuk menyadarkan mereka yang tidak sadar karena alkohol. Jadi jangan pernah memberikan secangkir americano atau espresso pada temanmu yang sedang teler. Karena bisa jadi itu akan memperburuk keadaannya saja.

Mereka yang sedang mabuk biasanya mengalami kesadaran yang kacau dan tidak sempurna. Mereka juga mengalami sakit kepala, ada juga yang mual dan tekanan darah serta detak jantung tidak dalam kondisi baik. Memberikan kopi pada mereka yang mabuk akan mempersempit pembuluh darah mereka dan menaikkan tekanan darah. Oleh sebab itu, bisa saja detak jantung akan semakin cepat dan hal itu akan memperparah keadaan. Debar yang kencang akan memberi kecemasan dan dalam kondisi ‘tidak stabil’ seperti itu hal ini bukanlah yang kita inginkan.

Lalu Bagaimana dengan Memberi Kopi di Pagi Hari?

Jika saat mabuk kopi tidak boleh dikonsumsi, apakah di pagi harinya juga dilarang? Menurut artikel yang kami sunting dari driftaway.coffee, kondisi pasca-mabuk belumlah normal 100%. Namun, kopi bisa membantu mereka lebih terjaga dan sadar. Tapi tetap ada beberapa langkah yang disarankan situs ini sebelum mereka menikmati kopi paginya. 

  • Minum segelas penuh air putih.
  • Teguk sedikit kopimu. Jangan habisan satu cangkir.
  • Minum segelas penuh air putih lagi.
  • Tunggu 30 – 60 menit sebelum melanjutkan minum kopi lagi.
  • Jika kamu merasa baik-baik saja, dan tak terlalu sakit kepala silakan lanjut minum kopi lagi.
  • Setelah minum kopi pastikan asupan airmu terpenuhi dengan minum air lebih banyak lagi.

Langkah-langkah ini berfungsi agar tidak terjadi penyempitan secara mendadak pada pembuluh darah yang diakibatkan kopi. Karena asupan air yang banyak meminimalisir risiko tekanan darah.

 

Artikel disunting dari driftaway.coffee

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Hi Mustika, ikut nimbrung ya. Dari pengalaman2 teman2 dan sediri juga, selama tggl di negeri yg summernya cuman 3 bln kalau lucky, jd konsumsi alkohol dan kopi itu sangat tinggi,kalau udah mulai gejala mabok, mulai gejala ya, bukan udah mabok teler, dengan 1 cangkir americano membantu menetralisir lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.