BENARKAH KOPI MAMPU MENGOBATI PENYAKIT ASMA?

Kita semua tahu bahwa kafein pada kopi memberikan begitu banyak hal baik bagi para peminumnya. Namun benarkah kopi juga mampu mengobati penyakit asma?

VIRUS Covid-19 yang menyerang paru-paru dan merusak sistem pernapasan manusia membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjaga sistem imun tubuh dan mengonsumsi obat dan vitamin yang meningkatkan fungsi paru-paru dan pernapasan. Mereka  yang memiliki penyakit bawaan seperti asma sudah tentu lebih memproteksi diri lagi karena dianggap sangat rentan dengan virus ini.

Bicara soal asma dan masalah pernapasan, ternyata ditemukan sebuah penelitian oleh The Cochrane Collaboration seperti yang dilangsir dari Hello Sehat, ternyata kafein pada kopi mampu membantu melancarkan saluran pernapasan manusia 4 jam setelah dikonsumsi. Hal ini tentu saja sangat membantu mereka yang menginap masalah sulit bernapas dan asma.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut Hello Sehat, kopi memiliki senyawa tertentu yang memiliki efek farmakologis, yaitu efek bronkodilator yang mampu merileksasi otot-otot pernapasan. Efek ini juga terdapat pada obat teofilin yaitu obat yang biasa dipakai mereka yang mengindap penyakit asma.

Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh The Cochrane Collaboration terhadap 75 orang penderita asma. Mereka diminta untuk meminum dua jenis kopi yaitu yang mengandung kafein dan yang bebas kafein. Setelah melakukan 6 kali percobaan terhadap 75 orang ini, hasil yang didapat adalah fungsi paru-paru mereka yang meminum kopi berkafein meningkat setelah 2 jam mengonsumsinya.

Namun meski kopi berkafein mampu meningkatkan fungsi pernapasan, bukan berarti kopilah yang menjadi satu-satunya obat asma. Kopi bisa membantu dan menjadi salah satu metode, namum para penderita asma tetap harus mengonsumsi obat dan resep seperti yang dianjurkan dokter. Juga para penderita asma tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Idealnya paling banyak 4 cangkir sehari. Karena jika terlalu banyak mengonsumsi kafein mungkin efek tidak menyenangkan lain bisa muncul seperti cemas, detak jantung cepat, gelisah, sakit perut dan banyak lagi.

Jadi jika kamu menderita asma, coba mulai minum kopi hitam secangkir sehari dulu. Siapa tahu memang bisa terbukti baik untukmu.

Artikel disunting dari Hello Sehat, Fimela dan dari berbagai sumber

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.