BENARKAH KOPI MEMICU HIPERTENSI?

Mitos-mitos perihal konsumsi kopi tampaknya tak pernah berhenti. Baru-baru ini ramai diberitakan bahwa mengonsumsi kopi katanya memicu tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi. Benarkah demikian?

SEORANG teman datang kepada kami dan mengatakan bahwa dia takut kopi yang dia konsumsi akan menyebabkan hipertensi. Dan sebagai peminum kopi aktif yang tidak memiliki riwayat penyakit hipertensi ini kami mengatakan bahwa kami baik-baik saja meski minum kopi tiga kali sehari.

Namun untuk meyakinkan dia, kami bertanya kepada salah satu dokter ahli penyakit dalam ternama dan dokter ini mengatakan bahwa tekanan darah yang diakibatkan oleh minum kopi sifatnya hanya sementara. Dengan kata lain, jika kamu bukanlah peminum kopi aktif, dan sesekali mengonsumsi kopi maka benar kafein pada kopi membuat pembuluh darah menyempit. Dan hal tersebut menyebabkan tekanan naiknya tekanan aliran darah. Tapi ini sifatnya hanya sementara dan sama sekali tidak memicu hipertensi dalam jangka panjang.

Menurut seorang ahli dan peneliti asal Italia, Giuseppe Grosso, peningkatan tekanan darah yang dikarenakan mengonsumsi kopi hanya berlaku pada mereka yang bukan merupakan peminum kopi aktif. Tubuh mereka tidak terbiasa menerima kopi dan kafeinnya sehingga bereaksi dengan menyempitnya pembuluh darah yang kemudian meningkatkan tekanan darah.

Meski begitu, lonjakan tekanan darah ini pun hanya bersifat sementara saja. Beberapa saat setelah meminum kopi mungkin tekanan darah akan kembali normal dan kamu juga takkan merasakan apa-apa.

Meski begitu, setiap orang harus bisa ‘mendengar’ reaksi pada tubuhnya masing-masing. Jika benar kopi membuat bagian tubuh tertentumu terganggu atau dia bereaksi aneh, sebaiknya kamu berhenti mengonsumsi kopi dan mulailah konsultasi ke dokter yang menanggulangi bidang ini.

Intinya, jagalah kesehatan sebaik-baiknya dan jangan berlebihan dalam mengonsumsi sesuatu terutama kopi. Minum kopi yang sehat, minum air putih yang banyak dan istirahat cukup adalah hal-hal sederhana yang membuat ritual ngopi kita lebih lancar dan tanpa gangguan. Selamat minum kopi!

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.