BENARKAH KOPI MENYEBABKAN SERING BUANG AIR KECIL?

Kopi dan segala kebaikannya membuat kita bahagia, fokus bekerja dan juga lebih kreatif. Namun untuk beberapa orang ternyata kopi membuat mereka sering buang air kecil. Benarkah kopi berefek demikian?

MENURUT para peneliti dari The American Academy of Pediatric setiap orang mengalami efek yang berbeda-beda dalam mengonsumsi kafein. Dan salah satunya adalah menyebabkan sering buang air kecil karena tubuh orang-orang tertentu memang menerima efeknya seperti itu. Namun, hal ini sama sekali bukanlah hal yang berbahaya. Hanya sebuah reaksi alami yang sering terjadi pada sebagian orang.

Kenapa bisa begitu? Ternyata salah satu faktornya adalah tekanan darah kita yang meningkat diakibatkan oleh kafein yang ada di dalam kopi. Tekanan darah yang meningkat ini memengaruhi volume darah yang turut meningkat. Dan seperti diketahui ginjal kita berfungsi untuk menyaring darah. Meningkatnya volume darah berpengaruh pada meningkatnya produksi urin dan itu yang pada akhirnya menyebabkan kita lebih sering ke ‘belakang’. Juga kafein memiliki efek deuretik yang memang meningkatkan produksi urin kita.

Tapi kembali lagi, setiap orang daya tahan dan penerimaan tubuhnya terhadap kopi adalah berbeda-beda. Jadi tidak semua orang serta merta sering buang air kecil saat mengonsumsi kopi. Juga tidak semua kopi memiliki kandungan kafein yang sama. Misalnya robusta dan arabika. Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dua kali lipat dari arabika dan bisa jadi saat minum kopi robusta kamu akan lebih sering buang air kecil ketimbang saat mengonsumsi kopi arabika.

Sudah jelas ‘kan kenapa kopi mendorong kita untuk buang air kecil lebih sering? Tapi ingat reaksi tubuh seperti ini adalah wajar dan sama sekali tidak berbahaya jika kamu mengonsumsi kopi dalam dosis yang cukup dan tidak mengonsumsi kopi yang tidak sehat. Oh iya, agar tubuh semakin bugar dan tidak dehidrasi disarankan mengonsumsi air mineral secara cukup agar senantiasa sehat dan ritual ngopi berjalan dengan lancar.

 

Foto utama dari lifestylecoop.com

Artikel disunting dari livestrong.com

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Selama dikonsumsi secara “sehat”, insyaAllah minum kopi aman ko’. Jika di konsumsi tidak berlebihan kopi justru bisa memberikan efek yang baik bagi tubuh, paling tidak bjsa semangat kerjanya 😁 Yang penting ingat, sebelum minum kopi baca doa biar kopinya berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published.