BERBAHAYAKAH MINUM KOPI DAN TEH SEKALIGUS?

Teh dan kopi adalah dua jenis minuman yang mengandung kafein meski kadarnya berbeda. Lalu apakah menikmati dua minuman ini dalam satu waktu ada efek sampingnya?

SAYA adalah salah satu orang yang menikmati kopi, teh dan minuman campuran kopi dan teh dalam satu waktu. Seorang teman nyeletuk bahwa sesungguhnya teh dan kopi tak boleh diminum sekaligus? Sebagai manusia yang tak gampang percaya rasanya saya perlu mencari tahu apakah benar ada bahayanya menikmati kopi dan teh dalam sekali teguk?

Kopi bercampur teh bukanlah jenis minuman yang baru-baru saja dinikmati. Ratusan tahun lalu di Tiongkok minuman kopi campur teh yang disebut dengan yuanyang sudah dinikmati turun temurun dan setahu saya belum ada kejadian fatal akibat mengonsumsi ini.

Pun beberapa kedai kopi modern kerap bereksperimen dengan menciptkan menu kopi bercampur teh. Di kedai kopi bernama Merchant’s Lane, Kuala Lumpur, Malaysia, saya pernah menikmati menu bernama Red Eye (kalau tidak salah), yaitu campuran black tea dan espresso yang sungguh sedap.

Ternyata meminum kopi dan teh secara bersamaan tidak menimbulkan bahaya tertentu. Namun, seperti diketahui bahwa teh dan kopi keduanya memiliki kandungan kafein. Yang jika dikonsumsi melebihi dosis dikhawatirkan akan menjadikan peminumnya kelebihan kafein.

Foto dari pexels.com

Sudah tahukan bagaimana reaksi kelebihan kafein bagi tubuh? Kamu bisa saja menjadi cemas, debar, gelisah, sulit tidur bahkan pingsan jika terlalu berlebihan. Tapi jika dikonsumsi secara wajar dan tidak melebihi 7 cangkir perhari seharusnya akan baik-baik saja.

Oh iya, teh yang dimaksud pada artikel ini adalah teh dari tanaman teh. Bukan teh dari rempah, kelopak bunga, kulit buah dan lain-lain. Karena seperti kita ketahui bahwa teh tak melulu berasa dari tanaman teh.

Jadi jawabannya minum teh dan kopi secara bersamaan tidak menimbulkan bahaya dan efek samping asal mengikuti batas dosis wajar tubuh masing-masing. Jadi kini kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin mengonsumsi yuanyang atau menu-menu minuman eksperimental yang menggunakan kopi dan teh sebagai bahan bakunya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.