BERKENALAN DENGAN CAFE MANCHADO

Ada banyak jenis kopi susu di dunia ini. Mulai dari caffe latte, cappuccino, kopi susu aren hingga satu menu asal Spanyol bernama cafe manchado.

SEPERTI umumnya campuran kopi dan susu maka  cafe manchado memberi sensasi yang nikmat pula. Kita mungkin sudah begitu familiar dengan menu kopi yang komposisinya espresso dan susu. Sebut saja cappuccino yang terdiri dari espresso, steam milk dan foam milk. Lalu kopi susu khas negeri kita yang terdiri dari espresso, susu, gula aren. Tapi di Spanyol cafe manchado ini sedikit berbeda. Ini adalah minuman yang diciptakan untuk mereka yang suka rasa kopi namun sedikit saja kadarnya.

Jadi apa sebenarnya cafe manchado ini? Cafe manchado adalah minuman yang ada di Spanyol dan beberapa wilayah di Portugal yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu namun dinodai dengan sedikit kopi saja. Jadi kopi di sini hanyalah pelengkap penderita alias formalitas belaka. Sesungguhnya penikmat cafe manchado hanya menginginkan susu namun agar rasanya tak creamy begitu saja, maka mereka meminta baristanya menodai susu itu dengan sedikit kopi.

Menurut saya cafe manchado adalah kebalikan dari macchiato. Macchiato terdiri dari espresso yang dinodai dengan sediki busa susu di atasnya. Jadi rasa kopi pada macchiato lebih dominan. Si susu hanyalah hiasan dan pelengkap saja. Nah, cafe manchado adalah kebalikannya. Namun meski begitu, para penikmat minuman ini tak kalah banyak. Umumnya cafe manchado dinikmati pagi hari dan disajikan hangat. Diminum oleh mereka yang tak bisa terkena terlalu banyak kafein. Atau ingin mengurangi asupan kafein harian.

Jadi bagaimana? Apakah kamu berniat mencoba cafe manchado ini? Kalau saya sepertinya lebih suka cappuccino. Ha-ha-ha.

 

Foto utama dari cf.jiraygroup.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.