BERSENANG-SENANG DI LOT SIXTY ONE AMSTERDAM

Kadang-kadang saya merasa cemburu dengan masyarakat Amsterdam yang dengan begitu beruntung memiliki kedai kopi yang tersebar di seluruh kota.

Lot-sixty-one-amsterdam

PENIKMAT kopi akut seperti saya memang sangatlah mudah dibahagiakan. Salah satunya dengan hanya menikmati secangkir kopi di kedai kopi yang ditemukan secara tidak sengaja. Seperti pengalaman di Amsterdam kemarin yang seringnya saya mendapatkan kedai kopi justru dikarenakan ketidaksengajaan. Kemana kaki melangkah pasti seperti dituntun untuk menyinggahi kedai kopi yang kadang tidak ada di dalam daftar coffee shop yang harus saya kunjungi. Salah satunya adalah ketika mampir ke Lot Sixty One yang entah kenapa bisa saya datangi tanpa rencana yang pasti.

Lot-sixty-one-amsterdam

Jadi pagi itu seusai sarapan saya dan sahabat berjalan kaki menyusuri daerah Amsterdam West. Dan tepat di Jalan Kinkerstraat di ujung jalan di samping jembatan ke kanal ada sebuah kedai kopi yang begitu mencolok dari kejauhan. Tentu saja saya langsung tergoda untuk singgah ke sana. Ya mumpung cuaca lagi bagus dan saya masih ingin minum kopi tak ada salahnya juga minum kopi sekali lagi. Kedai kopi itu bernama Lot Sixty One. Di bagian luar banyak orang yang duduk-duduk sambil menyesap kopi mereka. Ah, asik sekali sepertinya.

Lot-sixty-one-amsterdam

Saat saya memasuki kedai langsung disambut oleh coffee bar yang terbuat dari kayu berteskstur kasar yang artsy sekali. Di coffee bar sang barista sibuk ‘memainkan’ mesin espresso jagoan yang keren sekali Kees Van Der Wetsen Spirit 3 Group. Sebuah mesin espresso kelas atas yang tak main-main. Kisaran harga mesinnya saja mungkin sekitar 300 juta rupiah. Di samping Spirit ada automatic grinder Nuova Simonelli Mythos 2 Unit. Lengkaplah sudah seperangkat alat kopi keren penghasil bercangkir-cangkir kopi nikmat.

Lot-sixty-one-amsterdam

Desain coffe shop ini rustic dan industrial dengan sentuhan kayu di sana-sini. Saat teman-teman saya memilih meja untuk tempat ngopi kami, saya tentu dengan leluasa berkeliling melihat-lihat seluruh penjuru kedai kopi. Mata saya menangkap sebuah roasters machine Probat Seri Probatone 12 Kg. Baru tahu juga kalau Lot Sixty One ini memiliki roastery juga. Jadi memang kopi yang disajikan di sini disangrai oleh mereka sendiri. Keren juga!

Lot-sixty-one-amsterdam

Puas berkeliling saatnya saya memesan kopi mereka. Kedai kopi yang baik tak hanya unggul dari suasana dan kerennya coffee gears saja, tetapi juga kenikmatan tiap cangkirnya. Saya memesan coffee filter single origin Costa Rica Finca yang diproses secara natural. Satu cangkirnya dibandrols seharga 4 Euro, tidak mahal dan tidak murah juga. Tapi rasa yang diberikan cukup mengagumkan dengan cupping notes soft acidity, medium body plus aroma raspberry, citrus dan diakhir dengan after taste yang clean sekali. Saya sampai pelan-pelan benar menghabiskan kopi ini karena tak mau cepat-cepat habis. Ha-ha-ha. Oh iya, manual brewing di sini semuanya mengguakan Kinto Pour Over Set yang tentunya dibantu oleh automatic grinder idola semua orang Mahlkonig EK43 twin hopper. Mantap sudah!

Lot-sixty-one-amsterdam

Tak cukup dengan coffee filter, saya juga memesan hot cappuccino dan hot caffe latte. Keduanya asik mungkin karena espresso blend yang digunakan benar-benar terpilih dan barista yang meracik kopinya memang benar-benar jago. Sambil menyesap kopi pelan-pelan saya akhirnya sadar bahwa Lot Sixty One ini sukses karena banyak faktor yang mendukung. Mulai dari barista ramah yang meskipun sibuk masih sempat mengajak ngobrol dan melempar senyum. Suasana dan desain kedai kopi yang begitu dipikirkan dengan pencahayaan yang banyak membuat saya nyaman duduk berlama-lama. Hingga rasa kopinya yang enaknya kebangetan!

Lot-sixty-one-amsterdam

Oh iya sebelum pulang saya dan teman-teman tentu membekali diri dengan membeli single origin dari sini. Saya membeli single origin Costa Rica FInca Tono natural process dan Elsavador, Las Nubes masing-masing 250 gram. Ya mana tahu saat kembali ke Indonesia saya rindu ngopi di sini jadi tak ada salahnya membawa oleh-oleh untuk diri sendiri. Yang agak janggal dari Lot Sixty One ini adalah mereka tidak menjual dutch coffee yang menjadi asal dari dutch coffee dan cold drip padahal ada Cold Dripper dan Cold Brewer yang dipajang di sini. Mungkin waktu saya singgah sedang tidak available kali ya. Intinya kalau kalian main ke Amsterdam bolehlah mampir ke kedai kopi asik ini hitung-hitung bersenang-senang dan pulang pada nikmat kafein yang tak bisa disanggah lagi. Salam kopi!

Lot-sixty-one-amsterdam

Lot Sixty One

Kinkerstraat 112,

Amsterdam, Belanda

PAKET CAFE

400 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.