BERSIHKAN CANGKIR KITA DARI NODA KOPI

Kita semua pasti pernah mengalami cangkir kopi favorit yang mendadak menguning dan meninggalkan noda setelah beberapa lama dipakai. Hal ini menyebalkan tapi bisa ditanggulangi.

ARTIKEL ini saya tulis dikarenakan kekaguman yang luar biasa kepada seorang teman yang memiliki sebuah kedai kopi di kota tempat tinggal saya. Semua cangkir kopinya bersih bersinar, sama persis seperti semboyan sebuah iklan pencuci piring. Setelah ngobrol dengannya saya tahu bahwa cangkir-cangkir kopi di kedai kopinya itu bukanlah cangkir yang kerap baru. Hanya beberapa cangkir yang baru karena menggantikan cangkir-cangkir yang retak dan pecah. Ada yang pecah karena pekerjanya atau karena tamunya.

“Cangkir-cangkir kebanyakan adalah cangkir yang dimiliki kedai kopi ini sejak pertama kali buka sekitar 3 tahun yang lalu. Hampir setiap hari digunakan tapi tetap terlihat nyaris baru,” tuturnya dengan senyum tak kalah bersinarnya. Bagaimana bisa hal ini terjadi sedang saya sendiri yang ngopi setiap hari di rumah dengan cangkir kopi yang sama selama beberapa tahun saja cangkirnya tetap bernoda dan menguning. Menyebalkan sekali!

Seperti kita tahu bahwa kopi memang mampu memberikan warna dan noda pada permukaan benda jika dipakai terus-menerus. Jangankan noda pada cangkir, pada gigi saja kopi mampu melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, saya bertanya tips merawat cangkir-cangkir kopi ini agar senantiasa bersih bersinar. Jawabannya bukanlah memakai merek sabun pencuci piring tertentu. Tapi melakukan pencucian dengan jeruk nipis dan soda kue secara berkala.

Jeruk nipis dinilai ampuh melunturkan noda, pun dengan soda kue yang umum dikenal dengan baking soda. Caranya adalah cuci bersih cangkir seperti biasa lalu bilas. Kemudian ambil 2 buah jeruk nipis dan peras airnya dan campurkan pada satu baskom air. Ingat, jangan buang jeruknya. Lalu tambahkan 2-3 soda kue pada campuran tadi. Rendam cangkir-cangkir kurang lebih 1 jam. Setelah itu gosok dengan jeruk nipis tadi dan bilas dengan air bersih lalu keringkan. Untuk hasil maksimal gunakan air panas untuk perendaman. Serta lakukan paling sedikit sebulan sekali untuk cangkir yang senantiasa indah.

 

Foto utama dari  7-themes.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.