BIKIN COLD BREW TANPA COLD BREWER

Jika kamu tidak memiliki cold brewer tapi ingin membuat cold brew coffee, jangan bersedih. Karena ada alternatif lain untuk menciptakan cold brew dengan alat-alat yang mungkin sudah kamu miliki.

SAYA sendiri membuat cold brew dengan alat seduh bernama Hario Mizudashi. Tapi beberapa hari lalu filter dari Hario Mizudashi saya rusak dan berlubang. Tak mau kehilangan semangat membuat cold brew, akhirnya saya menemukan alat seduh lain tanpa harus membeli cold brewer. Setidaknya ada 3 cara yang berhasil saya temukan berdasarkan browsing dan tanya teman-teman sepengopian. Apa saja alat-alat alternatif untuk membuat cold brew di rumah? Berikut ketiga alatnya.

Menggunakan French Press

Ide membuat cold brew dengan french press kebetulan saya temukan di YouTube. Dan ini adalah salah satu cara paling mudah dan jauh dari kerumitan. Cara membuatnya pun hampir mirip dengan menggunakan cold brewer. Yaitu kamu siapkan kopi yang digiling medium course. Serta siapkan air suhu ruang. Biasanya perbandingan kopi dan air bisa 1 : 10 atau 1 : 15 tergantung selera dan jenis kopi yang digunakan.

Masukkan kopi ke dalam french press, kemudian disusul oleh air. Aduk hingga semua kopi tenggelam pada air lalu tutup. Hanya ditutup saja tidak ditekan plunger-nya. Kemudian simpan di lemari es kurang lebih 8 – 12 jam. Keluarkan dari lemari es, tekan plunger pada french press. Siapkan cangkir dan batu es jika suka. Saring kopi menggunakan v60 paper filter lalu tuangkan ke cangkir saji. Cold brew coffee siap dinikmati!

Menggunakan Toples Kaca

Membuat cold brew coffee menggunakan toples kaca ini saya dapatkan dari teman saya. Dia biasanya membuat cold brew dari toples kaca kecil yang dinikmati sendiri. Perbandingan air dan kopi sama seperti poin pertama yaitu 1 : 10 atau 1 : 15. Air yang digunakan juga suhu ruang dengan grind level medium coarse. Lamanya perendaman kopi sekitar 9 – 12 jam dan juga disimpan di lemari es. Ingat kopi harus diaduk dan kemudian ditutup rapat ya. Setelah itu kopi disaring menggunakan paper filter atau metal filter tergantung selera. Rasa? Tetap tak kalah dengan cold brew yang menggunakan cold brewer asal menggunakan biji kopi yang nikmat juga.

credit: jamieoliver.com

Kontainer Plastik

Sedangkan membuat cold brew coffee dari kontainer plastik ini saya dapatkan idenya dari seorang teman yang memiliki kedai kopi. Kontainer dipilih karena mampu membuat cold brew dalam jumlah yang lebih besar. Cara membuatnya kurang lebih sama dengan poin pertama dan kedua hanya saja jumlahnya yang lebih besar karena untuk bisnis kopi.  Giling kopi di level medium-course. Lalu tempatkan pada kontainer plastik yang sudah bersih dan kering. Lalu masukkan air bersuhu ruang dengan perbandingan 1 : 10 atau 1 : 15. Setelahnya aduk hingga semua bubuk kopi terendam sempurna. Tutup rapat dan diamkan di lemari es kurang lebih 9 – 12 jam. Yep, cold brew kamu siap dinikamti setelah sebelumnya disaring dengan paper filter agar teksturnya clean dan fresh. Nah, yang satu ini pas untuk kamu yang mau mulai berbisnis cold brew ya.

Foto utama dari bossleecoffee.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Kebetulan saya juga pemakai Hario Mizudashi, dan dari posting muncul kekhawatiran saya kalau2 nantinya filter saya robek gimana ya. Eh ternyata ada jual di marketplace seperti BL atau Toped, kalau2 ingin menggunakan Mizudashinya kembali 🙂

    1. Kebetulan juga saya pakai hario mitsudashi kalo. Mau beli replacement filter kako rusak gt g usah jauh jauh kok, otten juga nyedian replacement filter nya… Langsung klik beli

  2. Saya pakai hario mizudashi juga. sempat sekali saya lupa mencuci filternya dan tertinggal lama di kulkas sehingga mengakibatkan ada putih2 jamur dari kopi. apa ini berarti filter nya sudah tidak bisa dipakai kembali?

Leave a Reply

Your email address will not be published.