BIKIN KOPI SUSU DENGAN ALAT KOPI TERBATAS

Keterbatasan mengajari kita untuk lebih kreatif. Dan mumpung di rumah saja, saatnya berkreasi menciptakan kopi susu enak dengan alat kopi terbatas.

CUMA orang-orang tertentu yang memiliki alat kopi lengkap di rumah. Kebanyakan dari kita umumnya hanya memiliki satu atau dua alat seduh yang kita andalkan agar bisa menikmati kopi setiap hari. Bukan tidak mau berinvestasi di situasi begini, tapi setiap orang punya prioritasnya masing-masing.

But hey! Bukan berarti kita tak bisa berkreasi dengan alat kopi yang kita punya itu, bukan? Dan jika kamu pikir kopi susu ala kafe hanya bisa diciptakan dengan alat-alat canggih? Maka kami wajib memberikan beberapa tips sederhana agar kopi susu enak bisa tercipta dengan alat kopi seadanya!

Ciptakan Busa Susu dari French Press

Kamu ingin menikmati kopi susu ala cappuccino seperti di kedai kopi favoritmu? Tenang. Kalau kamu hanya memiliki french press di rumah maka masalahmu selesai sudah. Caranya: panaskan susu di panci. Ingat jangan sampai mendidih. Setelahnya tuang susu pada french press yang sudah dibilas air panas terlebih dahulu. Masukkan plunger dan kocok susumu hingga berbusa. Tuang di atas kopi hitam atau espresso yang sudah kamu siapkan dan voila!

Tak Punya French Press? Tapi Kalau Botol Punya, Kan?

Kamu tak punya french press tapi ingin berkopi susu ria? Oke baik. Ambil botol apa saja. Botol sisa cold brew atau botol sisa minuman apapun yang memiliki tutup rapat. Panaskan susu cair jangan sampai mendidih. Kemudian masukkan susu ke dalam botol yang sudah dibilas dengan air panas. Ingat jangan sampai susu terlalu memenuhi botol karena akan susah dikocok. Lalu kocok hingga berbusa dan tuang di atas kopi hitammu. Cappuccino dengan alat kopi terbatas siap menemanimu di rumah.

credit : nytimes.com

Bikin Sirup Sendiri

Kamu suka kopi susu pandan atau kopi susu dengan gula aren? Kenapa tak membuat sirupnya sendiri. Untuk sirup pandan sederhana kamu bisa membeli beberapa lembar daun pandan dicampur gula. Resepnya banyak tersebar di aneka situs dan blog. Sirup daun pandan ini pun bisa bertahan lama jika disimpan di lemari es. Hal ini berlaku juga untuk gula aren. Kamu tinggal memanaskan gula aren dan gula aren cair bisa disimpan lama di lemari es. Saat ingin kopi susu ala kedai kopi kamu tinggal menggunakannya. Oh iya untuk kopi susunya kamu bisa membuatnya dari aneka alat seduh yang kamu punya.

Tak Punya Alat Kopi Sama Sekali Tapi Tetap Ingin Ngopi?

Baiklah. Pertama kamu bisa membuat kopi tubruk. Jika ingin kopinya tak berampas kamu bisa menyaringnya dengan saringan teh atau saringan apapun yang kamu punya di rumah. Untuk susunya kamu bisa meniru poin ke dua di artikel ini. Dengan kata lain tak alasan untuk tidak bisa bikin kopi atau kopi susu asal memang mau mencoba.

 

Foto utama dari pexels.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.