BIKIN KOPI SUSU RUMAHAN PAKAI ALAT KOPI APA?

Siapa yang tak suka kopi susu ala kedai kopi? Semua orang suka tapi sayangnya tidak semua orang bisa buat seenak di kedai kopi.

KITA semua tahu bahwa kopi susu atau es kopi susu adalah minuman semua orang. Dan setiap kedai kopi pasti memiliki signature es kopi susu andalan mereka masing-masing. Padahal jika ditarik ke belakang, kopi susu bukanlah sebuah barang baru. Nenek dan kakek kita sudah menikmati kopi susu di rumah meski tidak dikemas secara trendi dan ‘kini’.

Kopi susu di era sekarang umumnya dibuat dengan mesin espresso di kedai kopi. Espresso yang tebal, kompleks dan kuat menjadi landasan untuk mencipta kopi susu segala rupa. Ditambah susu, es, gula, aren, madu, pandan, dan rupa-rupa lainnya.

credit : nytimes.com

Sebenarnya semua orang bisa membuat kopi susu ala ala tadi namun memang terhalang mesin espresso saja. Tidak semua orang mampu menginvestasi mesin espresso di rumah. Bahkan mesin espresso rumahan saja harganya paling murah sekitar 2 jutaan. Lalu bagaimana? Adakah solusi yang sesuai budget agar setiap orang bisa membuat kopi susu sendiri demi hidup lebih hemat? Tentu ada!

Espresso Maker Manual

Ada beragam alat pembuat espresso manual di pasaran. Harganya mulai dari kira-kira 800 ribuan hingga tak terhingga. Sebut saja Rok Presso, Flair Espresso Maker, Bellman Stove Top dan banyak lagi. Atau yang model mini seperti Staresso, Nanopresso, Handpresso, Cafflano Kompresso, Simpresso dan banyak lagi. Semua alat yang saya sebutkan ini mampu menghasilkan espresso berkualitas baik. Tak perlu listrik dan mudah dibawa kemana-mana.

Kendalanya hanya pada konsistensi saja. Tapi jika sudah menemukan formula yang pas, kopi susu nikmat mampu kamu racik setiap hari.

Moka Pot

Alat pembuat kopi yang satu ini biasa lebih kita kenal dengan merek Bialetti. Dibanding espresso maker manual, moka pot jauh lebih terjangkau. Harganya berkisar 300 ribuan sampai tak terhingga. Tergantung jenis ukuran dan tipenya. Saya sendiri memiliki Bialetti Dama 1 Cup yang biasa saya pakai untuk membuat kopi susu. Cara kerjanya mudah sekali tinggal diletakkan di atas kompor dan panas uap akan mengeluarkan kopinya di wadah atas. Kopi yang dihasilkan bukanlah espresso meski tampak mirip dan terkadang berkrema. Kopinya hitam pekat, karamel dan sungguh sedap dijadikan es kopi susu.

Kelemahannya adalah terkadang hasil kopi tidak konsisten karena kita harus belajar soal panas api, level gilingan dan lain-lain.

Cloth Filter

Atau lebih dikenal dengan penyaring kain kopi. Ini sudah dikenal masyarakat luas sebagai kopi saring. Kedai kopi tradisional sering menggunakan alat ini dalam menciptakan kopi susu yang nikmat. Ini mungkin bisa menjadi pilihan termurah karena harganya yang berkisar dari 60 ribuan hingga seterusnya. Hanya saja untuk material kain tertentu ampas tipis kopi akan terikut dan kopi tak ‘sejernih’ biasa. Juga kamu masih akan terbentur konsistensi karena alat ini benar-benar menggunakan kemampuan manual.

Lalu bagaimana? Yang mana akan kamu pilih menjadi alat pembuat kopi susu yang akan menemani hari-harimu?

Foto utama dari pexels.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.