BIO ENERGI DARI LIMBAH KOPI

Seperti tidak ada habisnya membuat orang lain terkesan, kopi selalu saja bisa membuat takjub penikmatnya, dari mulai kekayaan varietas tanaman kopi itu sendiri, manfaatnya kopi bagi kesehatan, bahkan sisi magis di tiap metode seduhan kopi. Dan kali ini, kopi bisa menjadi energi alternatif, bagaimana bisa?

MUNGKIN untuk beberapa orang sudah mengetahuinya, bukan hal baru lagi limbah kopi bisa dijadikan alternatif sebagai energi yang dapat membantu segala aktifitas manusia. Sejak energi listrik yang ditemukan, hingga sekarang selalu ikut serta membantu di segala aktifitas banyak orang. Dan pastinya, penemu energi alternatif ini juga demikian, bukan sekadar menjadi energi alternatif namun dapat menjadi solusi untuk energi yang lebih ramah lingkungan.

Terkait isu ramah lingkungan, pabrik kopi yang menggunakan air selama proses produksi menciptakan air limbah pabrik kopi dan pastinya tidak ramah oleh lingkungan. Maka diadakan sebuah proyek untuk meminimalisir produksi limbah tersebut dengan sistem pengairan yang tepat, tujuannya adalah mengatasi masalah kesehatan dan masalah lingkungan yang disebabkan oleh air limbah yang bersumber dari pabrik kopi. Proyek ini ditangani oleh UTZ Certified yang diperkenalkan pada tahun 2010 dan sudah banyak mengatasi masalah yang disebabkan air limbah kopi, seperti di Nicaragua, Honduras dan Guetemala.

Lampu Biogas di Nicaragua | credit: sprudge.com

Tidak hanya menangani sistem pengairan air limbah, pada prosesnya Coffee Wastewater Project dimaksudkan untuk menggunakan air lebih sedikit selama pengolahan kopi dan juga mampu mengolah air limbah secara efektif, termasuk juga penangkapan biogas, yang dapat digunakan sebagai energi, walaupun sebatas energi kebutuhan rumah tangga dan pabrik kopi. Tapi hal ini merupakan awal mula yang baik, untuk lebih dikembangkannya lagi penemuan baru, meneliti limbah kopi sebagai bio gas.

Kini di 2017, Bus Di London Menggunakan Bio Energi Dari Kopi

Jika secangkir kopi nikmat dapat menggerakkan hari seseorang menjadi lebih sempurna, dalam makna kiasan kopi juga dapat menggerakkan bus transportasi umum. Sebuah startup yang bernama Bio Bean, bekerja sama dengan Shell dan Argent Energy memperkenalkan bio energi untuk Bus Diesel di London. Di tahun 2016 lalu, ramai kendaraan menggunakan biodiesel yang diproduksi dari bahan lain, dengan meneliti kandungan minyak yang ada. Nah, ini yang pertama di London, bio energi diproduksi dari kopi dan digunakan pada bus transportasi umum.

Bus dengan BioDiesel di London | credit: cntraveler.com

Dengan menggunakan kopi mengganti bahan biodiesel lain, ternyata mengurangi 10-15% gas buang dibandingkan dengan biodiesel tradisional. Diklaim proyek ini sangat membantu menekan polusi udara yang terjadi di London, dan bahkan kebiasaan masyarakat London konsumsi kopi, tidak menjadi kesulitan Bio Bean untuk mencari limbah kopi untuk diolah.

Langkah awal untuk memproduksi bahan bakar, Bio Bean mengumpulkan ampas kopi dari kafe, restoran, dan pabrik kopi. Selanjutnya dikeringkan hingga pada tahap tertentu mengeluarkan minyak kopi dengan proses biokimia dan menggunakan zat pelarut. Dan, proses selanjutnya minyak ini dikombinasikan yang nantinya akan menjadi bahan bakar B20 hibrida-yaitu bahan bakar yang bisa digunakan bus diesel. Secara sederhana, menurut Bio Bean sekitar 2,55 juta cangkir kopi dapat menghasilkan biofuel untuk menjalankan satu bus selama satu tahun.

src: cntraveler.com sprudge.com img: Shell Global

1,509 total views, 18 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.