BISAKAH KOPI JADI CAMPURAN SALAD?

Tak banyak yang sadar bahwa kopi ternyata bisa digunakan untuk campuran makanan nikmat. Salah satunya adalah salad!

PADA artikel terdahulu, kami pernah membahas tentang kopi yang dijadikan saus untuk memasak steak. Dan ini bukanlah hal baru lagi mengingat keunikan cita rasa pada kopi dirasa mampu ‘mengikat’ daging dan menjadikannya lebih nikmat. Kopi yang dijadikan saus panggangan juga banyak dipakai di beberapa negara karena menambah kenikmatan dari masakan itu.

Tak cukup menjadi campuran saus steak dan masakan bergenre panggangan, ternyata kopi juga sedap dijadikan dressing untuk salad. Bagi kami pencinta salad dan kopi tak ada salahnya mencoba membuat coffee dressing untuk salad yang berbeda. Ternyata tak hanya mampu menambah cita rasa pada salad, kopi mampu memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Jadi untuk kamu yang menjalankan hidup sehat, mencampur kopi pada salad adalah sebuah ide yang layak dicoba.

Seperti yang kami sunting dari situs Bon Appetit yang menciptakan menu Grilled Green Salad Coffee Vinaigrette. Pada menu salad ini Bon Appetit mencampurkan beberapa bahan untuk salad dressing-nya antara lain red wine vinegar, madu, minyak zaitun, garam, merica dan tentunya kopi. Biasanya kopi yang digunakan adalah espresso. Kenapa espresso? Karena jenis minuman inilah yang mengandung rasa yang intens serta kekentalan yang pas jika dicampur pada saladmu.

Lalu apakah semua salad akan nikmat bila dicampur kopi? Umumnya hampir semua jenis salad, tapi yang paling ideal adalah Grilled Green Salad Coffee Vinaigrette yang disebut oleh Bon Appetit tadi. Salad ini terdiri dari sayuran hijau, bawang merah, bawang putih dan tomat.

Jadi bagaimana? Apakah kamu berniat mencoba salad yang menggunakan coffee dressing sebagai campurannya? Nanti kalau sudah coba jangan lupa beri tahu kami bagaimana sensasinya ya!

Artikel dan foto disunting dari bonappetit.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.