BISAKAH PAPER FILTER DIGUNAKAN LEBIH DARI SEKALI?

Paper filter atau kertas penyaring kopi memang diciptakan untuk digunakan sekali saja. Tapi bisakah sebenarnya paper filter ini digunakan lebih dari sekali? 

SALAH satu pertanyaan yang kerap datang kepada saya dari orang-orang yang baru memulai menikmati kopi adalah “apakah kertas penyaring kopi bisa digunakan lebih dari sekali?. Dan jawabannya tentu saja bisa meski menurut saya dan hasil diskusi saya dengan beberapa teman hal ini tidak disarankan.

Paper filter yang hanya digunakan sekali saja pada saat menyeduh memang rasanya sangat mubazir dan tidak mengusung gerakan zero-wasting. Tapi mari kita singkirkan sedikit polemik zero-wasting ini dan melihat apa yang akan terjadi jika kita menggunakan paper filter yang sama lebih dari satu kali. Hal yang paling mengganggu tentu adalah masalah durablity-nya atau daya tahannya. Kertas penyaring kopi yang telah digunakan sebelumnya tentu akan berubah bentuknya. Kertasnya bisa saja mengerut, kusut dan meninggalkan noda di berbagai sisi.

credit: Blue Bottle Coffee

Kerutan pada kertas penyaring ini akan mengganggu proses seduh ya sebut saja proses agitasi dan water flow-nya. Dan tentu akan memengaruhi hasil akhir kopimu. Sedangkan noda yang tertinggal di kertasnya (meski sudah dibersihkan terkadang noda kopi tetap menempel di sana) akan memengaruhi rasa kopi apalagi kopi yang sebelumnya berbeda single origin dengan kopi yang akan kamu seduh kini.

Kertas yang sudah dipakai meski sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelum digunakan kembali daya tahannya sudah tidak sekondusif sebelumnya. Mungkin jika terkena air akan mudah bergeser dan kusut. Pori-pori pada kertasnya juga sudah pasti tidak sama teksturnya dengan paper filter yang belum pernah dipakai.

Lalu kembali ke pertanyaan di atas “apakah bisa?”. Tentu bisa tapi tidak disarankan.

Tapi jika dalam situasi mendesak dan kamu tidak punya pilihan lain, kamu bisa kok menggunakan paper filter yang sudah dipakai. Disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dan mengeringkannya sebelum digunakan kembali. Untuk kamu yang ‘sayang’ membuang paper filter yang sudah digunakan, bisa kopi dijadikan beragam keperluan mulai dari note book, hiasan dan lain sebagainya. Dan untuk yang mau hidup lebih cinta lingkungan mungkin bisa menggunakan metal filter atau cloth filter saja ya!

Foto utama dari highergroundstrading.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.