BISNIS KEDAI KOPI KECIL, MULAI DARI MANA?

Pandemi tak menyurutkan mimpi banyak orang untuk berbisnis kedai kopi. Kedai kopi kecil bermodal ringan pun dilirik sebagai potensi yang bisa digarap di 2021 ini.

MESKI pandemi belum usai, namun banyak sekali penikmat kopi yang mulai berani berbisnis kedai kopi. Kedai kopi skala kecil dipilih karena tidak memerlukan budget yang bombastis. Setidaknya di kota-kota besar dalam satu minggu akan ada satu kedai kopi yang buka. Dan rata-rata mengaku memilih budget ringan yang tak begitu menyobek isi kantong.

Lalu jika ingin mulai bisnis kedai kopi kecil sebaiknya dimulai dari mana? Berikut kami beri sedikit tipsnya!

Credit : pinimg.com

Mulailah Dari Belajar Tentang Kopi

Tak perlu belajar hingga menjadi dewa kopi atau pendekar kopi. Belajarlah dasar-dasar ilmu kopi. Mulai dari hulu hingga ke hilir. Kenali ragam jenis kopi, proses pascapanennya, kemudian pelajari ragam menu kopi. Kami menyarankan kamu mengikuti kelas barista basic. Setidaknya kamu bisa membuat menu espresso based hingga manual brew yang enak dan benar. Jadi saat bisnismu dimulai kamu tak serta merta menyerahkan segalanya kepada barista. Kamu mengerti kopi. Kamu paham dan kamu takkan mudah dipermainkan pegawaimu.

Strategi Bisnis

Meski kecil, kedai kopi juga harus ada strateginya. Ada begitu banyak kedai kopi di kotamu lalu kamu muncul sebagai pemain baru. Apa strategi yang harus kamu buat agar perahumu tidak karam dihantam ombak persaingan. Pikirkan strategi baik soal manajemen hingga pemasaran. Strategi bisnis menentukan kemana kedai kopimu berjalan.

Alokasi Budget

Namanya kedai kopi kecil, pastilah budgetnya juga tidak besar. Budget harus benar-benar dialokasikan pada hal-hal yang dianggap perlu. Pemilihan lokasi, biaya dekorasi, mesin kopi, pegawai, listrik dan hal-hal di antaranya. Jangan terlena membeli ini-itu demi kekerenan semata. Kedai kopi yang berhasil tak tergantung pada mesin kopi mahal. Tapi banyak hal-hal kecil lain yang melingkupinya.

Credit : villagecoffee.biz

Konsep

Konsep menentukan budgetmu. Jika budgetmu di bawah 10 juta (tidak termasuk sewa tempat) maka yang kamu lakukan adalah memilih alat kopi dengan harga yang sepadan. Disarankan untuk menggunakan espresso maker manual seperti Rok Presso atau Flair Espresso Maker. Selain ekonomis, juga tak memerlukan daya. Kami bisa membuat konsep manual untuk segala menu yang disajikan. Unik dan ramah di kantong!

Lalu apakah kamu hanya berkonsep take away atau ada dine in? Semua balik di kamu!

Riset

Rajin-rajinlah melakukan riset perihal ini. Mampir ke berbagai kedai kopi, baca di berbagai lini, diskusi dengan beberapa teman pebisnis di bidang yang sama. Dan yang paling penting teruslah haus akan ilmu kopi dan bisnis. Jangan malas, jangan takut gagal, jangan lelah bereksperimen!

 

Foto utama dari cloudfront.net

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.