BOLEHKAH ANJING MINUM KOPI?

Kopi mungkin baik untuk manusia. Tapi ternyata tak sama baiknya untuk anjing peliharaan kita.

PERTANYAAN “bolehkah anjing minum kopi?” kerap datang ke redaksi kami. Pun beberapa teman pernah berkata bahwa anjing peliharaan mereka sering tak sengaja mengonsumsi kopi mereka. Jawabannya tidak boleh. Well, tidak boleh dan tidak bisa. Karena anjing yang mengonsumsi kafein yang terkandung di dalam kopi akan mengganggu metabolisme tubuh mereka.

Menurut Provet yang kami sunting dari situs driftaway.coffee, kafein bisa mengancam jiwa anjing jika dikonsumsi. Anjing dapat mengalami keracunan yang serius. Jika dia hanya mengonsumsi sedikit atau katakanlah seteguk, reaksinya mungkin tak terlalu buruk. Tapi sang pemilik anjing harus terus memantau kondisi anjingnya.

Sedangkan keracunan kafein bisa dilihat dari anjing tersebut akan mengalami mual dan muntah. Juga bisa mengalami kejang-kejang jika kafein sudah terlanjur masuk ke pembuluh darah. Selain itu, anjing yang keracunan kafein akan mengalami diare parah. Mereka akan muntah-muntah dan bab dengan tekstur dan frekuensi yang lebih sering.

Tak hanya itu, kafein yang terlalu banyak menyebabkan anjing peliharaanmu tremor dan meningkatnya tekanan jantung. Dan jika sudah mengalami gejala-gejala ini sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan agar ditangani langsung. Jika penanganannya terlambat kemungkinan akan mengancam keselamatan anjing.

Oleh karena itu, kopi dan minuman yang mengandung kafein harus dijauhi dari anjing dan hewan peliharaan lain karena tubuh mereka tidak bisa menerima kafein seperti tubuh manusia.

Disunting dari drift coffee

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.