BOLEHKAH MINUM KOPI SETELAH KONSUMSI ANTIBIOTIK?

Kopi mengandung kafein yang akan bereaksi pada tubuh kita. Namun benarkah kita tidak diperbolehkan meminum kopi sesaat setelah mengonsumsi antibiotik?

TULISAN ini saya tulis dikarenakan seorang teman yang beberapa hari lalu menolak minum kopi gara-gara baru saja mengonsumsi antibiotik karena kondisi kesehatan tertentu. Menurutnya, kopi tidak bisa dikonsumsi setelah dia meminum obat antibiotik karena akan berefek buruk bagi kesehatannya. Saya yang tidak tahu perihal ini tentu menghormati pilihannya sambil diam-diam mencari tahu jawabannya.

credit: curiosity

Menurut salah satu dokter kenalan saya yang tak ingin disebutkan namanya, kafein yang bertemu antibiotik akan memberi efek pada tubuh antara lain tubuh akan kesulitan mengurai kafein di dalam tubuh kita. Akibatnya jika selama ini kafein dalam kopi yang kita minum bertahan 4-7 jam (menurut healthline.com) di dalam tubuh, maka dengan adanya antibiotik di dalam tubuh kafein akan bertahan lebih lama. Efek seperti naiknya tekanan darah mungkin saja bisa terjadi pada kita.

Sedangkan menurut situs kesehatan hellosehat.com antibiotik yang umumnya bereaksi dengan kafein di dalam tubuh adalah antibiotik yang berasal dari golongan fluoroquinolone. Antibiotik golongan ini biasanya dikonsumsi mereka yang mengalami infeksi saluran pernapasan dan masalah saluran kemih.

credit: lifestylecoop.com

Namun sepertinya orang-orang tidak perlu khawatir untuk minum kopi setelah mengonsumsi antibiotik karena ternyata tidak berbahaya. Tapi harus diingat juga bahwa kondisi tubuh setiap orang itu berbeda satu sama lain. Ada yang memang lemah dan tidak bisa terkena kafein dan antibiotik secara langsung, namun ada juga yang baik-baik saja.

Adapun beberapa efek ringan yang mungkin terjadi jika kamu minum kopi sesaat setelah mengonsumsi antibiotik. Antara lain:

  • perasaan cemas
  • susah tidur
  • naiknya tekanan darah
  • migrain

Kesimpulannya adalah sebaiknya kamu tidak minum kopi sesaat setelah mengonsumsi antibiotik. Sebaiknya diberi jeda kurang lebih 4-7 jam atau tunggu hingga kafein benar-benar lebur di dalam tubuh. Karena buat apa minum kopi enak jika pada akhirnya berefek tidak baik untuk tubuh kita bukan?

 

Artikel disunting dari healthline.com dan hellosehat.com

Foto utama dari theconnectionexchange.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.