BUAT SANGER SENDIRI DI RUMAH, MENGAPA TIDAK

Menikmati sajian kopi dengan bahagia, meneguk kisah pada sajian kopi, maka seruputlah sanger.

PALING akrab dari sajian kopi sanger adalah sebuah sajian kopi yang telah lama berasal dari Aceh, tentang seperti apa kisah yang berkembang pada sajian kopi sanger, saya pun masih meragukannya, tiap orang punya sudut pandang masing-masing. Beberapa orang percaya sajian sanger berawal dari istilah kata yang mengalami pergeseran dalam penyebutannya dari ‘sanggeng’ kemudian menjadi ‘sanger’. Literasi lain menjelaskan sajian sanger berawal dari ketidaksengajaan, sebuah resep sajian kopi yang tidak sengaja ditemukan karena ingin memanipulasi penggunaan biji kopi yang sedikit tapi dengan karakter rasa kopi yang diinginkan. Tapi cukuplah sampai di sini saja, biarkan sajian sanger tetap menjadi misteri, seperti apa pun kisah yang berkembang tentang sajian kopi sanger ini, biar menjadi nikmat ketika diteguk oleh para penikmat kopi.

Namun, bukan berarti sajian kopi sanger hanya bisa dibuat oleh barista asal Aceh, kamu juga bisa menyajikan sanger di rumah, dengan perlengkapan kopi favorit kamu. Sebelum itu, harus mengetahui bagaimana sebenarnya proses sajian kopi sanger ini, maka kamu bisa eksplorasi di rumah dan bereksperimen dengan peralatan kopi favorit di rumah. Sanger itu sejatinya adalah kopi susu, layaknya seperti cappuccino, latte dan sajian kopi susu lain, hanya saja secara umum sanger dibuat dengan susu kental manis berbeda sedangkan sajian kopi susu umumnya di kedai kopi biasanya dengan susu sapi pasteurisasi. Masih ada yang menggugah rasa penasaran saya, apakah sajian sanger bisa menggunakan susu sapi pasteurisasi. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, menggunakan susu sapi pasteurisasi untuk sajian sanger.

 

Kopi susu seperti cappuccino dan juga latte, menggunakan espresso untuk sajian kopi yang kemudian mencampurkan susu sapi pasteurisasi dengan perbedaan rasio kopi dan susu yang digunakan. Beda dengan sajian kopi sanger yang tidak harus menggunakan espresso, sajian kopi sanger bisa saja menggunakan sajian kopi manual brew, namun perlu dipastikan single origin yang digunakan harus memiliki karakter rasa body yang kuat, sehingga mampu mengimbangi susu kental manis yang ditambahkan. Untuk mempersiapkan sajian kopi dengan karakter body yang kuat, maka perlu single origin yang tepat dan alat kopi yang sesuai. Biasanya beberapa orang menggunakan robusta agar mendapatkan body yang kuat, tapi banyak juga yang menggunakan arabika atau pun house blend. Dan alat kopi yang digunakan kamu bisa menggunakan Moka Pot, French Press, Flair Espresso Maker, atau alat kopi lainnya.

Kemudian muncul lagi pertanyaan yang bermula dari rasa penasaran, apakah sajian sanger harus ditarik untuk mencapurkan susu ke sajian kopi, bagaimana jika diaduk saja. Perbedaannya ada pada sensasi ketika meneguk sajian kopi sanger, jika ditarik akan menghasilkan buih pada sajian kopi sanger, sedangkan diaduk tidak menciptakan buih, sementara sajian kopi sanger identik dengan buih di permukaan cangkirnya. Selamat mencoba meneguk nikmatnya kopi sanger buatan sendiri.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.