BUAT TEMAN KAMU MENCINTAI KOPI SPECIALITY, SIMAK 4 TIPS INI

Pernah gak sih, kamu sedang menikmati secangkir kopi dengan teman akrab, kemudian melihatmu dia bertanya, “Apa gak pahit? Gimana sih caranya minum kopi seperti kamu?”

TEMAN sejatinya adalah cerminan diri kamu, terkadang jika ingin mengetahui baik – buruknya diri kamu, kamu harus bertanya pada teman akrabmu. Di lain hal, terkadang tanpa sadar apa yang kamu sukai, kamu ingin juga menularkannya ke teman akrabmu untuk mencintai hal yang sama. Jika kamu suka menonton drama korea, kamu akan melakukan apa saja agar teman kamu menyukai drama korea, sama seperti kamu.

Bagaimana dengan mencintai kopi speciality, kamu sangat menikmati kopi speciality sedangkan teman kamu masih saja minum kopi yang dibuat instan, dan menganggap semua kopi itu sama saja. Mengetahui hal itu, kamu ingin sekali membuat teman kamu juga mencintai hal yang sama denganmu; menikmati kopi speciality. Namun kamu tidak mengerti, harus mulai dari mana untuk membuatnya merasakan hal yang sama seperti kamu.

friends drink
credit: sixseeds.patheos.com

Biasakan Hang Out di Speciality Café

Siapa bilang speciality harus kopi hitam, ajaklah teman kamu ke kedai kopi lokal yang memang menyediakan sajian kopi speciality. Rekomendasikan kopi yang memang sudah akrab untuk semua kalangan, seperti latte atau cappucino. Mereka yang terlalu sering minum kopi susu instan biasanya akan langsung menyadari perbedaan sajian dari speciality café. Membiasakan teman kamu untuk hang out di coffee shop adalah langkah awal agar dia mengerti arti kopi speciality. Kalau saya sih, di awal akan membuatnya penasaran dengan minum secangkir cold brew, dan menanyakan apa pendapatnya. Dan selalu sukses membuatnya penasaran, selanjutnya tergantung improvisasi, akhirnya next time, dia yang ajak hang out di coffee shop yang sama.

Perkenalkan Perbedaan Single Origin

Jika sudah familiar, dan mulai menikmati seduhan menggunakan V60, itu adalah kabar baik. Kamu bisa mengenalkannya dengan kopi yang berasal dari daerah lain, dan apa yang membuatnya berbeda. Pesan seduhan yang sama, namun origin yang berbeda, usahakan pilih origin yang perbedaannya sangat jelas. Misalkan kopi yang berkarakter rasa fruity dan origin satunya lagi punya karakter full body. Ini akan berhasil menimbulkan rasa penasarannya, mengapa di cangkir yang sama, karakter rasa berbeda, bahkan aromanya pun berbeda. Dan akhirnya kamu selangkah lagi mendapatkan hatinya untuk mencintai speciality.

credit: daily coffee news
credit: daily coffee news

Ajak Ikut Cupping Class

Mungkin untuk kedai kopi yang terbilang sudah besar, tidak perlu lagi mengadakan cupping session. Pasti di kota kamu masih ada kedai kopi yang menjalankan tugasnya sebagai pioneer era third wave, dengan mengadakan cupping session makin banyak tercipta coffee society. Ajaklah teman kamu ikut cupping session, ini akan membuatnya semakin mengakui misteri kopi, membuatnya semakin penasaran mengapa kopi bisa memiliki karakter rasa yang berbeda.

Ajarkan Manual Brewing dan Fasilitasi Brew Set

Cobalah mengajarkannya apa yang kamu ketahui untuk membuat seduhan kopi, tularkan sisi magis ritual menyeduh kopi, membuatnya semakin menikmati menyeduh kopi di rumahnya. Bantu teman kamu untuk membeli brew set favorit kamu, seperti ketle Brewista, manual grinder, Hario dripper dan server, serta scale untuknya bereksperimen lebih.

BONUS TIPS: Perkenalkan Social Media Otten Coffee

Menyenangkan pastinya, jika kamu berhasil membuat teman kamu merasakan hal yang sama seperti kamu, menikmati kopi yang sebenarnya. Perkenalkan teman kamu dengan social media Otten Coffee, pastikan untuk subcribe channel youtube Otten Coffee, dari sini banyak lagi hal menarik tentang kopi yang akan membuatnya semakin cinta dengan dunia kopi, lagi dan lagi.

src: perfectdailygrind.com img: wise bread

1,231 total views, 7 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.