BUBBLE LAB DAN SI TUKANG SEDUH MASA KINI

Metode seduh manual adalah cara seduh sederhana yang prosesnya perlahan dan menyenangkan. Lalu apa jadinya jika seduh manual ini dilakukan oleh sebuah robot pintar? Ya, sebuah ‘perkawinan’ antara manual dan otomatis terwujud pada Bubble Lab!

NAMA Bubble Lab sudah pernah jadi buah bibir pada 2017 lalu saat di berbagai perhelatan kopi dunia mereka mencuri perhatian dengan kehadiran sebuah robot yang bisa menyeduh kopi secara manual untuk semua orang. Sang robot yang disebut-sebut sebagai ‘tukang seduh masa kini’ ini dilengkapi dengan berbagai sensor dan mampu melakukan semua rangkaian seduh katakanlah pour over. Mulai dari menggiling biji, menyeduh kopi, hingga menyajikannya di dalam cangkir.

Robot ini berbentuk tangan dengan bergerak sama persis seperti tangan barista dengan gerakan melingkar dia menyentuh satu per satu alat kopi  yang diletakkan di sekelilingnya. Luar biasa memang robot yang dibuat oleh perusahaan asal Beijing ini.

Tak berhenti dengan robot yang menyeduh ini, Bubble Lab juga meluncurkan dua alat seduh lainnya yang diberi nama Drip dan Drop. Drip sendiri adalah alat seduh yang juga dikendalikan teknologi, berbentuk pipa otomatis yang mampu menyeduh kopimu secara manual. Dengan satu ‘tombol’ Drip menghasilkan secangkir kopi nikmat. Hebatnya lagi Drip bisa diset dan disesuaikan segala variabelnya sesuai dengan keinginan. Drip diletakkan di dalam meja bar yang tersembuyi dan saat tombol ditekan dia akan keluar dan mulai beraksi. Oh iya, layaknya barista dia juga paham benar menyeduh dengan gerakan memutar dan memastikan kopimu sempurna rasanya.

Sedangkan Drop, si canggih yang satu ini adalah amazing delivery milk system. Karena apalah arti kopi jika tanpa susu. Untuk kedai kopi yang sibuk tentu Drop akan sangat menbantu sekali. Dengan sistem dan teknologi yang mumpuni Drop tak hanya memberikan susu pada milk jug-mu tapi juga mengukurnya dengan presisi sehingga tak ada satu tetes susu pun yang akan terbuang sia-sia.

Dengan Drop bayangkan berapa banyak susu yang terselamatkan, bukan? Drop akan bersanding dengan Drip untuk memudahkan segala yang terjadi di coffee bar kedaimu.

Lalu apakah robot seduh masa kini akan menggantikan kehadiran barista? Ah, belum tentu juga.

Foto utama dari sprudge.com

Artikel disunting dari bubblelab

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.