BUTUH KAFEIN, TAPI TAK SUKA KOPI. APA SOLUSINYA?

Manusia memang diciptakan unik dan berbeda. Seperti ada yang suka kopi tapi tak suka efek kafeinnya. Dan ada pula yang butuh efek kafeinnya tapi tak suka rasa kopinya.

JADI saya sebenarnya bukan alasan mengangkat topik ini pada artikel kali ini. Tapi beberapa hari yang lalu saya mendengar seorang teman yang orang tuanya dianjurkan mengonsumsi kopi oleh dokter karena suatu penyakit. Kopi dan kafeinnya dinilai mampu memberikan efek kepada tubuh sang orang tua sehingga menurunkan kadar tertentu pada tubuhnya.

Teman saya ini mengeluh karena orang tuanya yang diancurkan minum kopi itu ternyata tak suka rasa kopi. Menurutnya rasa kopi terlalu pahit dan meski sudah ditambah gula dan susu dia tetap tidak suka. Bagaimana? Padahal sudah dianjurkan minum kopi. Alhasil kami bertanya kepada salah satu kenalan ahli gizi. Untuk mendapatkan kafein yang dibutuhkan tubuh tapi tidak suka kopi, sang ahli gizi itu menganjurkan untuk mengonsumsi teh. Teh dinilai memiliki kafein yang cukup meski jumlahnya tidak sebanyak kopi. Gotcha!

Selain teh, cokelat ternyata juga mengandung kafein. Cokelat, baik minuman ataupun makannya bisa dijadikan alternatif untuk siapa saja yang membutuhkan kafein demi alasan kesehatan ataupun yang lainnya. Tak cukup sampai di situ saja, kafein juga terdapat pada biji bunga matahari yang biasa disebut juga kuaci yang kerap menjadi camilan banyak orang.

Selain bahan makanan alami tadi, kafein juga terdapat pada minuman berenergi yang oleh karenanya orang-orang yang membutuhkan stamina pasti merasa terbantu energinya dengan minuman jenis ini. Pun soda juga memiliki kafein jadi jangan kira minuman manis dan menyegarkan itu tak memiliki kandungan kafein ya. Hanya saja minuman berenergi dan minuman soda bukanlah berasal dari bahan alami jadi tidak disarankan untuk mereka yang membutuhkan kafein karena alasan kesehatan.

Yah, kini kamu tak perlu khawatir jika tak suka kopi tapi butuh kafein. Karena memang sudah ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein juga. Sila disebar informasi ini siapa tahu berguna ya!

Foto utama dari theodysseyonline.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.