CAFE ARBOREA : SEPOTONG DAMAI DI JAKARTA

Saya tidak pernah membayangkan menikmati kopi di tengah hutan yang masih di dalam kota dikelilingi ratusan jenis tanaman yang seolah-olah menyapa mesra.

SAAT pertama kali melihat kedai kopi ini diunggah di media sosial, saya pikir letaknya jauh di pedalaman. Mungkin di sebuah hutan yang sukar terjangkau atau di pinggiran kota yang membutuhkan waktu lama untuk mencapainya. Ternyata sungguh saya keliru. Cafe Arborea adalah sebuah kedai kopi yang berada Kompleks Manggala Wanabakti Kementrian Perhutanan. Untuk ke sini kamu tak perlu khawatir perkara jarak tempuh.

Diberkatilah mereka yang membuat Cafe Arborea ini. Kafe yang hampir seluruh bangunannya terbuat dari kayu ini adalah sebuah persinggahan yang membuat jiwa tentram. Lokasinya yang masih di dalam kawasan Arboretum yaitu suatu kawasan yang menjadi tempat pengembangbiakan pohon dan tanaman. Di sini ada kurang-lebih 394 batang pohon dengan 78 jenis pohon berbeda.

Saat saya ke sana suasana Cafe Arborea tidak terlalu ramai. Hanya ada beberapa bangku di bagian luar yang terisi dan lantai dua dan tiga yang sepi. Saya tentu saja memilih duduk di bagian luar karena sangat sejuk di kelilingi pohon-pohon rimbun menjulang. Menu kopinya sendiri ternyata terdiri dari filter coffee dan espresso based. Di Cafe Arborea mereka menggunakan biji kopi nusantara saja. Saya sendiri mencoba single origin Flores Bajawa yang diseduh dengan pour over dengan menggunakan metal filter. 

Asyik juga rasa kopi Flores Bajawa yang dibandrol seharga 18 ribu ini. Atau jangan-jangan kopinya terasa nikmat karena dibantu oleh suasana kedai kopinya. Ah entahlah! Tak hanya kopi, di sini juga disediakan aneka jus dan jajanan kecil. Bahkan ada jajanan pasar seperti pisang goreng, dadar gulung dan aneka kue basah yang hanya dibandrol rata-rata 6 ribu saja.

Sungguh harga kopi dan kue yang sangat terjangkau. Terlalu murah untuk pengalaman yang dirasa sangat mewah ini. Di Jakarta bagian mana lagi bisa kamu bisa menemukan kedai kopi di tengah hutan sejuk dengan harga kopi yang tak meledakkan kantong? Jawabannya ada di Cafe Arborea.

Ke kafe ini berasa piknik. Sekilas saya tidak merasa seperti di Jakarta karena lebih mirip Kebun Raya Bogor suasananya. Jadi untuk kalian yang mungkin ingin merasakan pengalaman ngopi di alam terbuka sambil menghirup bebas oksigen yang masih bersih tanpa cela bisalah mampir ke Cafe Arborea. Oh iya, tak hanya lokasinya yang menarik, tapi bentuk bangunannya juga didesain apik. Maka disarankan menjelajah hingga ke lantai tiga. Mana tahu kepincut untuk tidur siang di bantal-bantal yang disediakan di sana.

Dan siapa tahu juga mungkin bisa ketemu saya di sana. Salam ngopi, kawan!

Cafe Arborea

Komplek Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto,

RT.1/RW.3, Gelora, Jakarta Pusat, Jakarta 10270,

Indonesia

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.