CAFE DE’ EIGHT IPOH

Mungkin Cafe de’ Eight ini adalah kedai kopi paling unik yang saya temui di Ipoh. Ada nuansa nostalgia yang dibangun bersama film-film dan buku-buku. Menarik betul!

MENEMUKAN kedai kopi di Ipoh sesungguhnya adalah tantangan tersendiri. Meski banyak kedai kopi bertebaran di kota ini, ternyata kedai-kedai kopi ini memiliki jam buka dan tutup yang tak bisa diprediksi. Beberapa kali saya kecewa dengan kedai-kedai yang ternyata tutup pada saat saya kunjungi. Tapi tak menyerah begitu saja, akhirnya saya dipertemukan dengan sebuah kafe unik bernama Cafe de’ Eight.

Sehabis senja, saat langit mulai gelap dan hujan hampir reda, kami memutuskan untuk bersantai di sebuah kedai kopi. Kami yang sedang berada di Gerbang Malam Night Market memutuskan untuk berjalan kaki ke Cafe de Eight. Kalau lihat di peta ternyata hanya 8 menit saja.

Baiklah di antara jalanan becek dan cuaca dingin plus sepi pula kami dituntun oleh GPS memasuki lorong-lorong gelap yang lumayan horor juga. Meski agak meragu tapi kami tak berniat berhenti. Ya paling-paling rasa takut disimpan sendiri saja. Sesampainya di Jalan Koo Chong Kong, kami melihat sebuah tulisan Cafe de Eight. Heran juga lorong ini sepi sekali, kafenya juga.

Dari luar ada sebuah lukisan dari film animasi Up yang dilukis di dinding dan benar saja pada saat kami masuk banyak sekali dekorasi baik itu poster maupun lukisan bertemakan aneka film dari berbagai penjuru dunia. Bahkan saya melihat lukisan Forrest Gump di dinding kedai. Wah kafe apa ini sebenarnya?

Saat kami datang hanya ada satu meja yang terisi. Sepasang kekasih tampaknya. Ya sudah kami pun buru-buru memesan minuman. Satu Iced Caffe Latte dan satu lagi Hot Caffe Latte. Sambil menunggu pesanan datang saya pun menjalajah ke sana kemari. Ada banyak sekali koleksi buku. Baik novel maupun animasi. Juga banyak poster film seperti dari film Iran Separation, The Note Book dan film-film Marvel.

Oh iya, karena waktu itu adalah hari ulang tahun teman saya, maka saya meminta sang barista membawa sepotong cake dengan lilin. Lucunya tak hanya cake dan lilin yang datang, mereka menuliskan tulisan “happy birthday” di piring dengan cokelat cair. How sweet! Cake cokelat dengan moka krim itu cukup bikin teman saya bahagia tak terkira. Ha-ha-ha.

Hampir lupa ngomongin kopinya. Saya cukup surprise dengan Hot Caffe Latte yang saya pesan. Minuman yang hadir dengan cangkir yang lucu dan latte art cantik ini ternyata rasanya enak sekali. Kopi lebih mendominasi dari rasa susu dan inilah yang saya suka dari minuman jenis ini. Sedangkan kopi dinginnya menurut teman saya biasa saja. Tapi menurutnya pas sekali dinikmati bersama cake tadi. Jadi balance di mulut, katanya.

Tak cukup sampai di situ saja, ada bagian unik lainnya dari Cafe de Eight ini. Di dinding kanan ruangan dengan kami duduk ada 365 kantong warna-warni. Ternyata kantong itu adalah tempat kartu pos yang bisa kamu kirim. Jadi kamu bisa membeli kartu pos yang disediakan mereka, lalu kartu pos itu akan dikirim di masa depan sesuai dengan alamatnya. Aduh sebagai orang yang romantis tradisional saya suka sekali dengan ide kafe ini!

Jadi meskipun untuk menuju Cafe de Eight kami lumayan waswas karena gelap dan sepi tapi semuanya terbayarkan dengan keunikan dan nyamannya suasana yang hadir di sana. Satu lagi kedai kopi di Ipoh yang mungkin akan memberi pengalaman berbeda untuk kalian. Mampir ya!

Cafe de Eight

 Jalan Koo Chong Kong No. 8, 30000 Ipoh,

Negeri Perak, Malaysia

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.