CAFÉ FRIENDS: ISI AMUNISI KAFEINMU DI SINI

Mencari kedai kopi di kota sekecil Bagan Myanmar sama seperti mencari jodoh. Susah tak karuan.

Cafe Friends terletak di depan Pasar Mani Si Thu
Cafe Friends terletak di depan Pasar Mani Si Thu

NAMUN bukan berarti tak mungkin. Meskipun di kota yang di kelilingi ribuan pagoda ini tak ada specialty coffee shop, ada beberapa kafe yang memiliki menu espresso base yang lengkap. Jumlahnya tak banyak, pun menemukannya harus disertai dengan faktor luck. Saya sendiri hampir putus asa karena sudah dua hari tidak minum kopi di Bagan. Di area New Bagan tempat saya menginap hanya ada satu kafe dengan menu kopi yang lumayan banyak. Tapi rasanya kurang memuaskan menurut selera saya.

Eksterior kedai yang sederhana
Eksterior kedai yang sederhana

Setelah googiling sana-sini, akhirya ada satu kedai kopi kecil yang berlokasi di area Nyaung-U. Nyaung-U sendiri adalah pusat backpacker-nya Bagan. Jarak dari hotel saya di New Bagan ke Nyaung-U kira-kira 18 menit berkendara dengan e-bike. Ya, tidak ada motor di sini, adanya Cuma e-bike yang daya ngebutnya sungguh terbatas. Setelah mencari ke sana ke sini, akhirnya sampailah saya dan seorang teman di Café Friends. Kedai kopi ini ternyata mungil sekali. Tapi, meskipun mungil, tak sulit menemukannya karena Sayang seribu sayang, kedatangan kami ternyata tidak di waktu yang tepat. Kawasan ini sedang mati listrik. Dan karena tidak ada genset makanya mereka tidak bisa menyalakan mesin kopinya. Cry!

Tak hanya orang lokal, turis asing juga nongkrong di sini
Tak hanya orang lokal, turis asing juga nongkrong di sini

Tak menyerah dengan cobaan kami memutuskan berkeliling dan kembali lagi setelah listrik nyala. Syukurlah setelah kami kembali listrik sudah menyala. Dengan semangat kami memesan kopi yang sedari tadi sudah diidam-idamkan. Saya memesan hot café latte (1800 Kyats) dan teman saya memesan iced caramel Frappuccino (2500 kyats)  karena memang Nyaung-U sedang panas-panasnya. Tak hanya kopi kami juga memesan super beef burger (2500 kyats) yang menurut review dari Tripadvisor menjadi andalan di Café Friends.

Menu kopi Cafe Friends
Menu kopi Cafe Friends

Sambil menunggu pesanan datang saya pun berkeliling mengitari kedai kopi. Coffee bar sederhana teletak di bagian belakang ruangan. Mesin kopi yang mereka gunakan adalah espresso machine Conti single boiler yang imut sekali. Di sebelahnya bertengger automatic grinder yang saya tidak tahu apa namanya. Yah lumayanlah ya setidaknya kedai kopi ini memiliki mesin espresso dan tak hanya sekedar menjual kopi tradisional saja. Jangan harapkan ada menu manual brew di sini, bisa ngopi dengan layak saja saya sudah sangat bersyukur. Oh iya, mereka menggunakan espresso blend kalau tidak salah Lavazza Coffee, perusahaan kopi asal Italia.

Seperangkat mesin dan grinder kopi
Seperangkat mesin dan grinder kopi

Setelah menunggu kopi pun tiba. Café latte yang dengan mengejutkan ada latte art-nya ini ternyata rasanya tidak mengecewakann. Sedangkan iced caramel frappucino pesanan teman saya rasanya enak mirip sama Frappuccino-nya coffee shop terbesar di dunia itu. Hi-hi-hi. Keren juga ini Café Friends, saya dari awal tak mau berekspektasi apa-apa soal kopi di sini karena tidak meyakinkan tapi ternyata pikiran-pikiran itu buyar. Senangnya!

Cafe latte, guys!
Cafe latte, guys!

Puas dengan rasa nikmat kopinya, kami pun berdebar dengan rasa super beef burger-nya. Ternyata oh ternyata burger ini juga enak banget. Satu buah burger ukuran besar disajikan dengan french fries dan salad. Daging pada burger-nya adalah homemade jadinya nikmatnya terasa sekali. Tekstur patty yang juicy dan soft memang mantap dinikmati dalam sekali gigit. Puas sekali! Oh iya, di sini juga disajikan banyak menu main course, mulai dari yang lokal hingga western. Kamu bisa pilih sesuai dengan selera kamu.

Super beef burger yang enaknya kebangetan!
Super beef burger yang enaknya kebangetan!
Iced caramel frappuccino-nya segar!
Iced caramel frappuccino-nya segar!

Intinya, saya tidak mau lagi judge a coffee shop by its look. Karena Café Friends yang sangat sederhana ini ternyata memutarbalikkan kenyataan. Dan jika kamu mampir ke Bagan Myanmar dan ingin mengisi kebutuhan kafein sekaligus pengin makan enak, singgahlah ke Café Friends. Kedai kopi yang berada di kawasan ramai nan berdebu ini adalah persinggahan untuk mengisi kembali amunisi kebahagiaan.

Lanmadaw 3 Road,

di depan Mani Si Thu Market,

Nyaung U, Myanmar

Open 08.00 AM – 10.00 PM

PAKET CAFE

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.