News

CAFÉ X, KIOS KOPI PERTAMA YANG MENGGUNAKAN ROBOT BARISTA

cafe-x


Teknologi memungkinkan manusia menciptakan beragam hal yang terasa tak mungkin. Salah satunya robot barista yang menjalankan sebuah kios kopi di San Fransisco Amerika Serikat.

VENDING machine yang menyediakan kopi panas dan dingin mungkin kini sudah ketinggalan zaman. Karena sekarang telah diciptakan sebuah kios kopi yang dijalankan oleh robot barista di dalamnya. Adalah Henry Hu, seorang pemuda 23 tahun yang drop out dari kampusnya yang dengan luar biasa menciptakan Café X. Henry Hu mengaku bahwa dia tidak suka mengantri di kedai kopi untuk secangkir Americano. Bersama timnya dan juga mendapat funding dari Thiel Fellowship sebesar $100,000, Henry Hu pun mengembangkan Café X yang ternyata mendapat sambutan baik sekali bagi pencinta kopi.

Credit : businessinsider.co.id

Credit : businessinsider.co.id

Café X sendiri adalah sebuah kios kopi yang di dalamnya terdapat robot barista yang mampu melayani para pembeli dengan cepat sekali. Para pelanggan tidak akan menunggu lebih dari 5 menit dalam sekali pemesanan. Cara memesannya juga sangat praktis dan cepat. Cukup dengan mengunduh aplikasi Café X di smartphone dan memilih jenis minuman apa yang akan dipesan, biji kopi atau single origin apa yang akan digunakan serta tambahan seperti gula, sirup dan lain-lain. Semuanya dilakukan di smartphone pelanggan. Atau jika kamu tidak memiliki aplikasinya, maka di Café X tersedia sebuah tablet yang mana kurang lebih sama fungsinya dengan aplikasi tadi. Tinggal klik sana-sini kopi nikmat kamu langsung bisa dinikmati tanpa menunggu waktu yang lama.

Meski Café X dioperasikan oleh sebuah robot, tapi surprisingly rasa kopi yang dihasilkan enak rasanya. Tak heran karena Café X bekerja sama dengan local roastery seperti AKA Coffee, Verve Coffee Roasters and Peet’s Coffee. Sungguh nama-nama yang tak asing di industri kopi spesialti, bukan? Café X mampu menghasilkan 100-120 cangkir perjamnya. Dan secangkir kopi yang dijual dibandrol mulai dari $2.25. Kehadiran Café X tentu menjadi sebuah kemajuan yang mampu memanjakan para penikmat kopi yang sehari-harinya didera kesibukan dan terlalu lelah untuk mengantri di kedai kopi. Lalu apakah kehadiran Café X akan menggeser kedudukan para barista? Apakah teknologi bisa menggeser keahlian manusia? Mari sama-sama kita saksikan di masa depan saja. Salam kopi!

Foto dan artikel dari businessinsider.co.id

 

PAKET CAFE

3,673 total views, 1 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply