CAFEZINHO; BUDAYA NGOPI ALA BRASIL

Mengintip bagaimana tradisi ngopi di Brasil, negara yang identik dengan pemain sepak bolanya yang handal, tapi cafezinho tidak ada kaitannya dengan pemain sepak bola, cafezinho merupakan kultur yang berkembang di masyarakat akan kopi.

JANGAN heran jika kamu berkesempatan untuk menjelajahi negara Brasil, berkunjung ke salah satu kota mereka yang punya karismatik dan menyimpan banyak kisah sejarah yang tak lekang ditelan zaman. Salah satu budaya yang masih terjaga adalah kebiasaan ngopi masyarakat sekitar adalah cafezinho. Budaya ngopi di sini tercipta dari kebutuhan masyarakat akan kopi, bahkan jika kamu datang ke kedai-kedai kopi di Rio de Janeiro kamu masih mendapati suguhan kopi dengan cara lama. Tapi, tidak sedikit juga kedai kopi yang tidak memasukkannya dalam daftar menu, namun khas dari cara seduh cafezinho tidak bisa terlupakan.

Cafezinho sendiri artinya, kopi yang sedikit bila diambil kesimpulan, maka cafezinho ini tidak ubahnya mirip sajian espresso, hanya saja berbeda cara seduh dan penyajiannya. Bisa jadi kebudayaan ngopi ini, dipengaruhi oleh kebudayaan ngopi orang Portugal, sebab Brasil merupakan bekas koloni Portugal pada tahun 1500, hingga pada akhirnya di tahun 1815 Brasil tergabung pada kerajaan kolonial Portugal, Brasil, Algarve dan negara kolonial lainnya. Kebudayaan ngopi yang tercipta tidak terlepas dari pengaruh sisi sejarah negara tersebut. Malahan di banyak negara, sajian kopi mereka berkembang karena peran dari sejarah yang melatar-belakangi tiap seduhan kopi, seperti kopi dengan telur di Thailand, kopi tubruk di Indonesia, dan sajian kopi lainnya.

credit: barkerst.com.au

Singkat cerita, kemudian berkembang tradisi ngopi orang Brasil yang dikenal dengan cafezinho, merupakan sajian kopi hitam dalam ukuran kecil yang telah mengalami proses dimaniskan, dan kadang pun disajikan dengan gula atau pemanis lainnya bersama sajian kopi. Jadi, jangan heran jika berkunjung ke Brasil kamu akan terlihat asing, ketika memesan kopi hitam tanpa gula, berbanding terbalik dengan kebudayaan ngopi di Italia yang cenderung lebih memilih espresso sebagai sajian kopi hitam mereka. Ingin mencoba cafezinho di rumah, berikut cara seduh ala Brasil untuk cafezinho?

  • Sediakan panci atau boiler lainnya, dan kemudian tambahkan gula pada air tersebut selanjutnya didihkan sehingga larut dengan baik.
  • Setelah air mendidih, pastikan air dan gula sudah larut sempurna, maka selanjutnya masukkan bubuk kopi, aduk hingga rata dan sajian kopi sudah bisa dinikmati.
  • Gunakan saringan kopi atau filter kain, dan tuangkan untuk memisahkan ampas kopinya.

Singkatnya, gaya sajian tradisional dari cafezinho dibuat dengan air seduhan yang sudah terlarut oleh gula atau pemanis lainnya dan kemudian dimasukkan bubuk kopi ke dalam air seduhan yang sedang mendidih, seperti turkish method. Dan biasanya dihidangkan dengan cemilan manis untuk mengimbangi rasa kopinya. Bahagialah buat kita yang berkesempatan menikmati kopi dari luar Indonesia.

src: maria-brazil.org caffesociety.co.uk img: minasespresso.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.