CALIBRATE COFFEE: LEBIH DARI SEKEDAR PERSINGGAHAN

Kedai kopi yang baik adalah kedai kopi yang terdiri dari kopi enak, tempat nyaman, orang-orang ramah dan tentunya menimbulkan kesan betah. Di Calibrate Coffee semuanya poin terangkum sempurna.

JAKARTA oh Jakarta, si ibukota yang pertumbuhan kedai kopinya begitu cepat melesat. Kali ini saya melipir ke Jakarta Barat, sebuah kawasan yang sebenarnya jarang saya singgahi karena tak memiliki motivasi tertentu. Tapi kemarin persinggahan saya ke wilayah ini membuahkan sebuah hasil yaitu pertemuan dengan sebuah kedai kopi asyik bernama Calibrate Coffee.

Calibrate Coffee berlokasi di Puri Kembangan. Kedai kopi ini terletak di lantai dua gedung ini. Karena datang siang hari dan tidak pada akhir pekan, Calibrate Coffee sedang damai-damainya. Kedai kopi yang berkonsep concrete industrial nan simpel dan kekinian ini cukup luas. Jarak antara satu meja dengan meja lain tidak terlalu dekat dan ini menyebabkan ranah privasi agak sedikit terjaga. Spacious and charm of course.

Setelah memilih hendak duduk di mana, maklum begitu banyak meja kosong menyebabkan saya dan teman-teman cukup bingung memilih, saya langsung menyambangi coffee bar-nya. Tampaklah mesin espresso tampan Slayer Steam 2 Group yang begitu memesona di bar berwarna biru tersebut. Sang barista sibuk dengan mesinnya sedang saya sibuk mengagumi apa-apa yang tertera pada bar.

Namanya mampir ke kedai kopi ya pastilah harus memesan kopi. Seperti ritual saya sebelumnya, saya membiasakan mencicipi menu espresso base dan filter coffee. Untuk espresso base saya memesan espresso dari biji honey process yang saya lupa itu biji kopi apa. Yang jelas rasanya enak banget. Ciri khas espresso yang saya suka dengan rasa fruity, high acidity dan sama sekali tak ada pahit-pahitnya. Sungguh espresso yang menagih!

Karena mampir ke Calibrate Coffee setelah makan siang, maka kami hanya mencoba satu menu makanan saja. Kopi kedua yang kami pesa adalah filter coffee. Kami mencoba dua single origin dari Seven Seeds. Yang pertama kami coba adalah single origin Kenya Embu Region washed. Single origin yang ini after taste-nya blueberry, blackcurrant dan cherry. Meski saya hanya merasakan blueberry yang lebih dominan.

Single origin kedua masih dari Seven Seeds adalah Ethiopia Kokola Agaro. Sepertinya single origin yang satu ini sedang ‘naik pamornya’ ya karena akhir-akhir ini sering diperbincangkan. Nah Ethiopia Kokola Agora ini segar rasanya dengan notes lemon, red apple dan nougat. Sepertinya saya lebih suka yang kedua karena lebih fresh di tegukan. Oh iya, masing-masing single origin ini dibandrol seharga Rp. 50.000 saja.

Calibrate Coffee ini tipikal third wave coffee shop yang memiliki banyak pilihan single origin dan beragam cara seduh. Dari genre manual brewing sendiri mereka menyediakan Hario V60, Chemex, Aeropress dan lain-lain. Untuk yang datang ke sini dengan perut lapar, banyak juga disediakan ragam menu makanan enak. Snack dan cake juga tersedia, jadi kalau kamu ingin ngopi santai ditemani yang manis-manis, Calibrate Coffee menyediakan apa yang kamu inginkan.

Untuk saya Calibrate adalah oase terbaik untuk para manusia di Jakarta Barat yang mendamba kopi enak di tempat nongkrong yang asyik. Calibrate Coffee tak hanya perhentian, tapi juga ‘perbaikan’ untuk kamu yang menginginkan kopi nikmat.

Calibrate Coffee

Jalan Puri Kembangan No. 9 EF 2nd floor,

Kembangan Selatan, RT.1/RW.8, Kembangan Sel.,

Kembangan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11610

 

3,723 total views, 8 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.