CANGKIR DOUBLE WALL LEBIH DARI SEKADAR CANTIK

Sebagai penikmat kopi kita pasti sudah sering melihat cangkir double wall atau mungkin menggunakannya. Tapi tahukah kamu bahwa cangkir ‘dua dinding’ ini lebih dari sekadar cantik saja.

SAYA paling suka menikmati kopi di cangkir atau server double wall. Bukan apa-apa, menurut saya memang sedap dipandang mata karena terlihat estetis. Juga lebih nyaman digenggam karena bagian luarnya tidak menghantar panas meskipun kopi kita diseduh panas di dalam sana.

Belakangan saya tahu bahwa cangkir dan server double wall diciptakan bukan hanya sekadar urusan estetika belaka. Merek-merek produk cangkir kopi ternama seperti Kinto, Bodum, Bonavita bahkan Chemex yang menciptakan ragam produk double wall memiliki alasan yang lebih penting dari sekadar urusan desain saja. Lalu apa saja fungsi dari cangkir dan produk double wall yang akrab dijadikan penyaji kopi ini?

Foto diambil dari royaldesign.com

Menyimpan Panas Lebih Lama

Ini adalah alasan paling penting. Karena terdiri dari dua lapis kaca, double wall terbukti menahan panas lebih lama. Jadi kopimu tak cepat mendingin saat diminum pelan-pelan. Dan sebaliknya bagian luarnya tidak akan panas saat dipegang karena bagian panas tertahan di dalam cangkir. Itu kenapa banyak kedai kopi yang sengaja memilih cangkir dan server double wall untuk penyajian.

Menahan Dingin

Bisa menyimpan panas dan tentu bisa menahan dingin juga. Jadi kalau minuman dingin disajikan, tentu dinginnya tertahan lebih lama juga. Tak herankan beberapa minuman dingin di kedai kopi atau kafe menggunakan cangkir jenis ini.

Lebih Tahan Lama

Menciptakan cangkir double wall tak sama dengan cangkir jenis lain. Saat membentuk dinding cangkir ke dua yang berada di bagian terluar biasanya dilubangi terlebih dahulu. Hal ini berfungsi agar cangkir double wall tidak gampang pecah, rusak bahkan meledak saat digunakan. Setelah proses finishing, lubang ini ditutup kembali. Hal ini yang menyebabkan cangkirnya tahan lama.

Tidak Meninggalan Rasa & Bau Lain

Karena berbahan kaca tentu double wall ini tidak mudah meninggalkan rasa dan bau setelah dibersihkan. Hal ini sangat penting karena dalam penyeduhan kopi wadah yang digunakan tidak boleh tercemar oleh sisa seduhan sebelumnya!

Mudah Dibersihkan

Untuk kamu yang menggunakan mesin pencuci piring khususnya cangkir double wall biasanya aman dibersihkan. Untuk yang cuci dengan tangan ya sudah pasti lebih aman lagi dan gampang juga membersihkannya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.