CANGKIR KOPI BUKAN SEKADAR WADAH MINUM KOPI

Ingin ngopi berkualitas coba perhatikan cangkir kopi kamu, apakah mampu menjaga suhu nikmat sajian kopi atau mampu meningkatkan persepsi akan aroma kopi.

PERNAHKAH bertanya dalam diri sendiri, mengapa cangkir kopi memiliki banyak sekali jenisnya, dari mulai material, warna dan juga bentuk cangkirnya. Sedikit membingungkan untuk beberapa orang, ketika memilih cangkir seperti apa yang terbaik untuk sajikan kopi mereka. Jika kamu adalah pecinta kopi pastinya inginkan sajian kopi yang disajikan nikmat dengan aroma memikat. Namun tidak semua jenis cangkir mampu menjaga nikmat dan aroma di tiap tegukan kopimu. Berikut ini sekilas tentang perbedaan jenis cangkir untuk sajikan kopi, semoga membantu kamu memilih cangkir favorit untuk digunakan di rumah atau pun di kedai kopi kamu.

Sebagai catatan, material cangkir perlu dipertimbangkan sebelum memilih cangkir untuk kebutuhan minum kopi. Karena reaksi cangkir terhadap sajian kopi disebabkan oleh material dari cangkir.

credit: knilab.com

Cangkir Plastik, menggunakan cangkir plastik seiring waktu cangkir akan menyerap bau dan rasa. Untuk sajian kopi mungkin tidak terlalu terasa, namun jika sesekali menggunakan cangkir yang sama minum air mineral atau pun teh, masih ada kesan kopi tertinggal.

Cangkir Besi, menuangkan sajian kopi panas ke cangkir besi kadang menciptakan senyawa rasa lain ke dalam kopi. Mungkin terjadi reaksi lanjutan ketika suhu panas bertemu dengan bahan besi, sehingga hasilkan rasa asing ke sajian kopi. Walau pun tidak selalu, namun beberapa pecinta kopi meyakini bahwa cangkir kopi tidak baik untuk menyajikan kopi.

Cangkir Keramik, menyajikan kopi dengan cangkir keramik adalah pilihan terbaik, karena material keramik tidak menyerap atau pun hasilkan rasa asing lainnya ke dalam kopi. Bahan keramik terbilang netral sebagai wadah sajian kopi, suhu sajian pun menurun secara normal sehingga tetap nikmat untuk beberapa saat.

Cangkir Double Wall, identik dengan dinding cangkir berganda dan umumnya terbuat dari kaca tahan panas. Cangkir dengan konsep material seperti ini mampu menjaga suhu panas lebih lama sehingga sajian kopi tetap nikmat di tiap teguknya.

Bentuk dari cangkir kopi juga memiliki peran terhadap persepsi terhadap aroma dan rasa. Maka menjadi penting memilih cangkir yang mampu tingkatkan persepsi akan aroma dan rasa. Dasar cangkir meliuk ketika kopi dituang akan memecah aroma lebih banyak dibandingkan dengan dasar cangkir yang rata. Bahkan cangkir berbentuk tulip memberikan kesempatan aroma lebih lama terperangkap di cangkir, ketika ingin diteguk aroma akan mempengaruhi persepsi akan rasa.

Acme Cup

Warna dari cangkir kopi mampu pengaruhi persepsi akan rasa dari sajian kopi yang kamu teguk. Sajian kopi yang dituang ke cangkir berwarna cerah akan berbeda dengan kopi yang diminum dari cangkir berwarna gelap. Hal ini menjelaskan bahwa warna dari cangkir kopi mengubah pengalaman minum kopi seseorang.

Sebuah penelitian dilakukan di Australia menguji pengaruh 3 warna cangkir berbeda, cangkir putih, biru dan gelas bening. Melibatkan 18 peserta meneguk kopi pada cangkir berbeda. Kesimpulan dari para peserta menjelaskan bahwa cangkir putih memberikan pengalaman minum kopi lebih jelas untuk menampilkan karakter body atau pun kesan pahit. Dan karakter rasa manis lebih jelas dirasa ketika kopi diminum dengan cangkir berwarna biru dan gelas bening dibandingkan dengan cangkir putih.

Namun demikian, cangkir seperti apa pun terpulang bagaimana seseorang memaknainya. Tiap orang punya cangkir favorit mereka masing-masing. Menikmati kopi berkualitas bukan hanya disajikan dengan cangkir yang tepat, suasana sekitar juga mempengaruhi pengalaman minum kopi. Bagaimana menurutmu, pernahkah punya pengalaman menikmati cangkir kopi yang berbeda?

sumber
driftaway.coffee effect coffee cup material
washingtonpost.com how the color of mug change the coffee taste

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.