CANGKIR KOPI DAN KISAH YANG DIKOLEKSI

Kisah ini berawal dari negeri Turki, dan dengan segala khazanah kopi yang berkembang pada sajian kopi.

NIKMATNYA sajian kopi di tiap negeri tentunya berbeda, namun antusias orang tetap sama untuk mendapatkan sajian kopi yang nikmat. Kadar kecintaan orang tentang sajian kopi terlihat dari cara mereka memaknai tiap sajian kopi yang diteguk. Beberapa orang yang cinta dengan sajian kopi memilih untuk mengkoleksi peralatan kopi favorit mereka di dapur rumah. Tidak sedikit yang berburu single origin yang tidak biasa, dari mulai biji kopi lokal hingga biji kopi impor. Bahkan banyak juga pecinta kopi yang memilih untuk membuka bisnis kedai kopi miliknya. Lalu, bagaimana pendapatmu bila ada pecinta kopi yang mengkoleksi cangkir kopi karena kecintaannya dengan sajian kopi.

Memang benar adanya, bahwa kopi selalu punya kisah menarik untuk dikisahkan, dari mulai masa tanam hingga menjadi sajian kopi nikmat di cangkir dan menunggu untuk diteguk. Bahkan peralatan dari proses seduh kopi dan perlengkapan penyajian kopi itu sendiri tidak luput dari hal yang menarik. Setidaknya, begitulah tempat kelahiran Mesude Isikli memaknai sajian kopi ini, Turki menjadi saksi bagaimana kebudayaan ngopi masyarakatnya tumbuh dan berkembang. Paling populer di sini, sajian kopi tersaji begitu pekat dengan karakter body begitu jelas, dan umum disebut dengan Türk kahvesi atau kopi Turki.

credit: edition.cnn.com

 

Mesude Isikli adalah seorang guru kesenian, berasal dari provinsi Osmaniye, salah satu masyarakat Turki yang tertarik tentang bagaimana proses seduh dan penyajian kopi di sini, serta bagaimana sajian kopi tumbuh berkembang memikat selera ngopi banyak orang dari generasi ke generasi sekaligus memberikan makna dalam pengalaman sosial banyak orang. Semua kisah ini bermula dari sajian kopi yang dituang ke cangkir – cangkir kopi mereka. Sebabnya, Mesude Isikli mulai mengoleksi cangkir-cangkir kopi dan segala kisah yang tersemat pada cangkir kopi tersebut.

Seorang teman memberinya cangkir kopi Turki antik sebagai hadiah untuknya, dan sejak saat itu Mesude Isikli memutuskan untuk mengumpulkan cangkir – cangkir kopi dari berbagai negeri di dunia. Cangkir kopi yang biasanya terbuat dari porselen dengan desain memukau, dikoleksinya dalam satu ruangan. Kini sekitar, 3000 jenis cangkir kopi sudah dikoleksinya dan 1000 diantaranya adalah cangkir unik dengan desain yang menarik. Kebanyakan dari cangkir tersebut merupakan cangkir – cangkir antik yang berumur 80 tahun hingga 120 tahun.

credit: edition.cnn.com

Koleksi cangkir kopi milik Mesude Isikli tidak lepas dari dukungan teman dan keluarga yang memberikannya sebagai hadiah, tapi tentunya yang paling berkesan adalah cangkir kopi pertama miliknya. Kecintaannya pada sajian kopi membawanya lebih serius untuk mengkoleksi cangkir – cangkir kopi dengan berbagai kisah yang tersemat di tiap teguk dengan cangkir tersebut.

disadur dari edition.cnn.com | img: yemek.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.