CANGKIR KOPI DARI ABU KREMASI MANUSIA

Cangkir kopi memang banyak terbuat dari beragam material. Tapi baru kali inilah saya mendengar ada cangkir kopi yang terbuat dari abu sisa pembakaran tulang-belulang manusia.

BUKAN ini bukanlah cangkir kopi yang dikeluarkan dalam edisi untuk memperingati Halloween yang telah berlalu. Inilah sebuah projek yang dinamakan Nourish yang dibuat oleh Justin Crowe dan teman-temannya yang tergabung ke dalam sebuah lembaga bernama Chronical Cremation Desaigns.

Cangkir kopi yang terbuat dari abu sisa pembakaran manusia ini dibuat bukan untuk menakut-nakuti atau memberi kesan horor dalam ritual minum kopi setiap hari. Justin Crowe yang juga seorang seniman yang berbasis di New Meksiko Amerika Serikat ini ingin mengangkat sesuatu yang istimewa bahwa orang-orang tersayang yang telah pergi bisa terlibat di dalam ritualmu sehari-hari, termasuk minum kopi.

Credit : cremationdesigns.com
Credit : cremationdesigns.com

Chronical Cremation Desaigns telah sukses meluncurkan art project yang disebut Noursh ini dengan menggunakan abu dari sisa pembakaran tulang-belulang 200 orang-orang yang tak bernama. Lalu abu-abu yang dikumpulkan ini secara luar biasa dicampurkan ke dalam material yang kemudian diolah menjadi beragam alat makan. Mulai dari piring, gelas, mangkuk, botol dan juga cangkir kopi.

Justin Crowe mengatakan bahwa dengan menggunakan cangkir dan alat-alat lainnya dengan menggunakan abu dari orang-orang tersayang yang telah pergi bisa menjadi ajang mengenang dan mengingat dengan sepenuh hati. Daripada selama ini tubuh-tubuh setelah kremasi abunya dibuang atau disimpan begitu saja, kenapa tidak dibuat menjadi sesuatu yang berguna dan bisa dipakai setiap hari.

Bayangkan secangkir kopi yang mengandung abu dari ayah ibumu. Atau cangkir kopi yang memeluk kopimu setiap hari ternyata melibatkan abu dari sahabatmu. Untuk orang-orang yang tidak masalah dengan hal-hal begini mungkin ini adalah ajang ‘merayakan kepergian’. Tapi untuk mereka yang ngeri dan takut dengan segala sesuatu yang horor, Nourish Project ini terdengar begitu menyeramkan.

Apapun itu, cangkir kopi dari abu manusia ini akan diterima sesuai dengan mindset manusianya masing-masing. Ada yang menyambut suka cita, tapi tak sedikit pula yang enggan memilikinya dikarenakan ‘kisah’ yang ada di dalamnya. Kalau kalian bagaimana?

 

Artikel dan foto utama disunting dari metro.co.uk

 

cari-kopi

246 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.