CANGKIR YANG TEPAT UNTUK MENYAJIKAN SEDUHAN KOPI

Bagaimana memilih cangkir yang sesuai untuk kebutuhan cafe / kedai kopi. Untuk mereka penikmat kopi garis keras pasti sudah mengerti cangkir yang seperti apa yang sesuai, tidak hanya nyaman ketika meminumnya tapi juga dapat menjaga konsistensi profil rasa si kopi.

SUDAH semestinya mempertimbangkan equipment yang digunakan sebelum membuka usaha kedai kopi. Mungkin untuk beberapa orang terbilang sepele, namun bagi mereka yang menghargai kopi layaknya seorang teman, pastinya kopi akan mendapat perlakuan istimewa, dari biji hingga ke secangkir kopi.

Tiap orang pastinya berbeda selera jika berbicara perihal desain rekaan dari cangkir untuk seduhan kopi. Tapi ada baiknya, tidak hanya sekadar memperhatikan sisi daya tariknya, namun perlu juga dipertimbangkan dari sisi kenyamanan dan apakah sesuai dengan konsep kedai kopi kita.

Cangkir kopi malahan bisa menjadi strategi pemasaran yang bijak dan yang pasti dapat menekan pembiayaan untuk pemasaran konvensional. Maksudnya di sini, era kekinian yang sangat interaktif di media sosial, dapat menjadi alternatif promosi. Bayangkan tiap pengunjung yang datang untuk memesan kopi kemudian setelahnya karena cangkirnya menarik mereka mengunggah foto dan menuliskan pengalaman ngopi di kedai kopi kita. Tapi, tidak sesederhana itu, memilih cangkir bukan hanya sekadar daya tarik untuk pengunjung, namun juga harus mempertimbangkan seduhan kopi apa yang akan disajikan.

credit: flickr

Drip Coffee
Hasil sajian kopi satu ini bisa dibilang adalah seduhan favorit hampir semua penikmat kopi. Karakter rasanya yang beragam sesuai biji kopi yang digunakan, dan selalu saja jadi pilihan mereka yang ingin ngopi yang penuh nikmat. Logikanya jika suhu kopi mulai menurun, profil rasa tidak sama lagi, sebabnya perlu cangkir yang sesuai untuk sajian kopi yang satu ini. Cangkir yang dapat menjaga temperatur kopi tidak terlalu cepat mengalami penurunan suhu panas. Rekomendasi berbahan keramik seperti cup dari ACME, YAMI ataupun yang berbahan dasar porcelain seperti cup dari Kinto. Cup buatan tangan dari keramik yang memiliki daya tarik juga bagus untuk sajian drip coffee.

credit: gearpatrol.com

Espresso
Menyajikan seduhan kopi espresso haruslah disajikan dengan penuh elegan, lebih stylish lagi bila cangkir yang digunakan kecil dan memiliki handle. Hal ini akan menambah pengalaman minun kopi espresso yang nikmat. Ukuran cangkir yang kecil ini meminimalisir kopi terpapar udara lebih banyak, dan ini menjaga konsistensi rasa dari espresso itu sendiri. Namun, beberapa berpendapat menikmati espresso lebih baik dengan sekali teguk, tapi siapa yang bisa menahan rasa espresso ketika masih hangat-hangatnya. Rekomendasi demitase cup dari ACME, atau pun bisa juga cup dari YAMI.

credit: pinterest

Cappuccino/Latte Art
Sajian kombinasi dari seduhan espresso dan susu ini juga merupakan salah satu sajian kopi yang banyak dinikmati, bahkan hampir di semua kalangan. Keunikannya ada pada permukaan sajian kopi ini, apakah itu cappuccino ataupun latte art. Lebih elegan lagi jika memilih cangkir yang menggunakan pegangan agar menciptakan pengalaman ngopi yang mewah. Rekomendasi cangkir yang menggunakan piring cawan kecil seperti cup dari ACME maupun YAMI, mau lebih khas coba cup dari Duralex.

Untuk beberapa kedai kopi malahan menyajikan seduhan kopi mereka dengan nampan khas yang disuguhkan sekaligus potongan cemilan seperti biskuit, potongan pastry dan lainnya. Namun pada akhirnya, untuk menentukan cangkir yang digunakan kebutuhan kedai kopi terpulang pada selera pemilik kedai kopi, tapi harus dipertimbangkan juga bahan dasar dari pembuatan cangkir tersebut. Apakah bisa menjaga suhu panas atau malah mengurai suhu panas si kopi.

src: joyjolt.com img: tastingtable.com

1,585 total views, 2 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.