CARA AMPUH MEMBERSIHKAN ALAT-ALAT KOPI

Senikmat apapun kopi, akan terasa menjengkelkan jika sisa kopi meninggalkan noda nakal di alat-alat kopi kamu.

KITA menyeduh kopi dengan sangat bahagia. Menikmati kopi dengan rasa yang tak kalah bahagianya juga. Tapi sayangnya, noda yang ditinggalkan kopi seringkali menempel dan susah dibersihkan. Well, bahkan pecinta kopi seperti kita pun sering sekali jengkel karena server atau chemex yang cantik tiba-tiba bernoda di bagian dasarnya. Kita juga sering khawatir dengan mesin espresso dan grinder yang tak bisa dibersihkan dengan maksimal akan merusak mesin tersebut sebelum waktunya. Belum lagi beberapa alat seduh yang susah dijangkau dengan sponge karena bentuk dan ukurannya yang berbeda.

Membersihkan Alat Kopi yang Bernoda Kopi

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah serupa susah membersihkan sisa kopi pada dasar alat-alat kopi kamu ternyata tipsnya sangat mudah. Server Hario, Kinto Carafe, Chemex bahkan cangkir indah Acme Cup yang penuh noda menempel semuanya dapat diatasi oleh satu cara. Berikut cara ampuhnya.

  1. Siapkan baking soda Jumlah baking soda bisa disesuaikan oleh banyaknya noda kopi pada alat kopi kamu.
  2. Masukkan baking soda ke dalam alat kopi yang ingin dibersihkan.
  3. Sikat atau gosok bagian yang bernoda kopi dengan menggunakan sponge cuci piring secara perlahan. Jika bagian bernoda tersebut tak dapat dijangkau, campurkan air lalu kocok sampai mengeluarkan busa atau pasta.
  4. Lakukan gerakan berulang-ulang sampai noda kopi hilang.
  5. Bilas sampai bersih dan lihat hasil alat kopimu akan lebih bersih dari sebelumnya.
  6. Selain menggunakan baking soda, kamu juga bisa menggunakan Puro Coffee Descaling Tablets untuk membersihkan peralatan kopi yang bernoda.

Membersihkan Mesin Espresso dan Grinder

shutterstock_194681408

Mesin espresso dan akan cepat rusak jika kamu tak menjaga kebersihannya. Oleh karena itu, diperlukan perawatan ekstra untuk membersihkan berbagai bagian dari mesin espresso kamu.

1. Untuk membersihkan grinder dari sisa kopi, kamu bisa menggunakan Puro Grinder Cleaning Tablets. Bersihkan grinder dengan menggunakan bahan khusus dari Puro Grinder Cleaning Tablets maka sisa kopi yang menempel sehabis menggiling bisa lenyap dalam seketika.

2. Untuk membersihkan mesin espresso, kamu bisa menggunakan Puro Espresso Cleaning Tablets. Caranya:

– Masukkan filter kosong ke dalam porta-filter, tambahkan 1 tablet Puro Espresso Cleaning Tablets ke dalamnya. Kencangkan kembali porta-filter ke dalam mesin/group head.

– Aktifkan siklus brewing selama 10 detik. Lalu stop selama 10 detik. Lakukan 5 kali secara berulang.

– Lepaskan porta-filter. Aktifkan siklus brewing dan bersihkan porta-fiter dengan mengalirkan air dari mesin/group head. Hentikan siklus setelah selesai.

– Kencangkan kembali porta-filter ke dalam mesin/group head. Ulangi opsi nomor 2 tapi tanpa menggunakan Puro tablet. Ulangi 5 kali.

– Buat secangkir espresso (lalu buang) untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa.

Kalau kamu ada tips khusus tidak dalam membersihkan alat-alat kopi? Share with us ya. 

 

Disunting dari thekitchn.com

puro

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.