CARA MAHIR MEMBUAT 3D LATTE ART, SIMAK TIPS INI

Walaupun sajian latte ini menyisakan perdebatan, sejatinya tiap sajian kopi memiliki penikmatnya masing-masing.

BAIKNYA dari berdiam diri di rumah sekian lama, banyak di antara kamu yang mulai mengeksplorasi hobi lain dan bahkan lebih fokus karenanya dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kenormalan baru setelah pandemi berakhir, saya yakin semakin banyak orang lebih peduli kebersihan dan kesehatan, bahkan lebih sering berdiam di rumah. Setidaknya, banyak hal yang tentu bisa dilakukan selama di rumah, bagaimana jika membuat sajian 3D latte art, sudah pernah coba membuatnya?

Tren 3D latte art bukanlah hal baru di industri kopi, bahkan masih menyisakan perdebatan yang pada akhirnya tiap sajian kopi memiliki penggemarnya. Penyeduh kopi rumahan yang antusias dengan estetis dari sebuah sajian kopi, tidak ada salahnya mencoba membuat 3D latte art sendiri di rumah. Jika latte art pada umumnya melukis pola 2D ke atas permukaan caffe latte, lalu bagaimana dengan 3D latte art, berikut tipsnya.

credit: gastronom.ru

Espresso
Persiapkan kopi espresso menggunakan biji kopi segar, yang digiling sesaat ketika akan membuat espresso, bukan bubuk kopi yang disimpan. Baik menggunakan mesin espresso rumahan atau pun espresso maker tanpa listrik, yang terpenting perhatikan rasio kopi dan susu untuk membuat caffe latte.

Susu Segar
Foam susu merupakan bagian terpenting lainnya untuk membuat caffe latte, maka ada baiknya menggunakan susu segar. Pada mesin espresso umumnya foam susu diciptakan menggunakan steam wand, namun tanpa mesin espresso foam susu juga bisa diciptakan dengan alat kopi lain.

Saus Coklat
Menggunakan saus coklat untuk 3D latte art diperlukan ketika tahap penyelesaian menggunakan latte art pen, untuk membentuk garis atau pun memberikan sentuhan lain pada 3D latte art kamu. Beberapa tahap penyelesaian 3D latte art juga menggunakan bubuk coklat untuk memberikan sentuhan estetis lain.

Peralatan Latte Art
Melengkapi variasi dari 3D latte art yang akan kamu buat, baik menyediakan peralatan latte art di rumah untuk hasil memuaskan. Maka tidak ada salahnya melengkapi peralatan seperti coffee stencil, chocolate dispenser dan juga latte art pen. Peralatan latte art tentunya akan sangat membantu dalam proses membuat sajian 3D latte art kamu.

credit: pinterest

3D Latte Art Maker
Pada dasarnya untuk menciptakan 3D latte art memerlukan komposisi pas menggunakan foam susu yang sempurna, dan dengan sendok penuh kehati-hatian membentuk bidang 3D pada permukaan caffe latte. Cara mudah, kamu bisa saja membentuk 3D foam dengan alat 3D latte maker Awataccino.

Referensi 3D Latte Art
Menyegarkan ide membuat 3D latte art perlu perbanyak mengamati hasil karya 3D latte art lainnya, nah berikut ini paling banyak diulas hasil karya mereka. Coba lihat koleksi foto di instagram Daphne Tan @periperipeng, Kazuki Yamamoto @latte_stagram, George @george_10g

Pernakah memiliki pengalaman ketika membuat sajian kopi 3D latte art di rumah, yuk berbagi di sini.

sumber:
img

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.