CARA MEMBERSIHKAN ALAT KOPI BERMATERIAL TEMBAGA

Dari banyaknya alat kopi dengan beragam material, tembaga adalah salah satu yang paling baik kualitasnya. Dan untuk menjaga kualitas itu, kita harus selalu menjaga kebersihannya agar awet dipakai sepanjang masa.

JIKA kamu belum tahu, tembaga adalah salah satu material yang paling baik digunakan untuk menyeduh kopi. Itu kenapa coffee dripper, gooseneck kettel, server, cangkir kopi hingga cehve atau Turkish Coffee Pot yang terbuat dari tembaga harganya cukup mahal dan jadi idaman. Material tembaga dinilai mampu mempertahankan suhu air lebih lama. Tembaga adalah penahan panas terbaik sehingga saat digunakan untuk menyeduh, mampu membuat suhu air terjaga yang kelak mempengaruhi hasil seduhan.

Credit by lacolombe.files.wordpress.com

Nilai negatifnya adalah alat kopi dari tembaga lebih mahal karena memang kualitasnya sangat baik. Dan jika dipakai terus menerus tanpa perawatan alat kopi bermaterial ini bisa menyimpan sisa-sisa kopi yang bertumpuk dan memengaruhi ritual seduh kita. Tapi jangan khawatir karena membersihkannya ternyata cukup mudah. Mau tahu bagaimana cara membersihkannya? Simak poin-poin di bawah ini.

  • Untuk pembersihan ringan, kamu cukup mengambil satu buah jeruk nipis atau lemon dan sejumput garam.
  • Ambil alat kopimu lalu bilas dengan air mengalir.
  • Belah dua jeruk nipis dan taburi garam di permukaannya. Gosokkan secara merata pada alat kopi berbahan tembagamu hingga sisa kopi yang menempel sirna.
  • Bilas dengan air dan keringkan.
  • Jika kotorannya agak membandel. Silakan campurkan baking soda, air dan jeruk nipis atau lemon. Campuran ini kemudian kamu pakai untuk merendam sembari menggosok alat kopimu. Jika kotoran sudah sirna jangan lupa dibilas dengan air mengalir lalu keringkan.
  • Lalukan secara berkala agar alat kopimu tetap bersih dan berkilau.

 

Foto utama dari  shopify.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.