CARA MEMBERSIHKAN MESIN KOPI OTOMATIS

Faktanya penurunan kualitas sajian kopi dari mesin kopi otomatis disebabkan kurangnya perhatian ketika membersihkannya.

APA pun versi dari mesin kopi otomatis tidak jauh berbeda cara merawatnya dan membersihkan komponen yang melengkapinya. Tidak hanya mesin kopi otomatis bahkan peralatan kopi manual pun diharuskan tetap bersih untuk menjaga kualitas sajian kopi. Residu dari seduhan kopi sebelumnya akan mengganggu kualitas rasa dari esktraksi kopi. Maka jangan biarkan residu kopi atau residu dari susu menjadi sebab menurunnya kualitas sajian kopi kamu.

Secara garis besar mesin kopi otomatis dibersihkan rutin harian dan juga dibersihkan berkala ketika diperlukan mengacu pada kuantitas kopi yang diproduksi. Sebelum itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai penyebab kotornya mesin kopi otomatis dan mengganggu kinerja mesin kopi.

  • Biji kopi dibiarkan tersimpan terlalu lama tanpa digunakan bahkan ketika mesin kopi otomatis dinonaktifkan. Solusinya gunakan biji kopi secukupnya ketika menyeduh kopi.
  • Bagian dreg plate pada internal mesin kopi otomatis tidak dibersihkan secara menyeluruh.
  • Air pada water tank dibiarkan bermalam ketika mesin kopi dinonaktifkan.
  • Coffee spout yang tidak bersih mengundang serangga untuk masuk ke internal mesin kopi.

Hal tersebut permasalahan yang sering ditangani oleh teknisi Otten Coffee, kerusakan mesin kopi otomatis yang disebabkan karena kurangnya perawatan dan kebersihan. Perhatikan apa saja dan bagaimana membersihkannya.

Untuk beberapa bagian komponen yang perlu dibersihkan ada baiknya non aktifkan mesin kopi dan jangan merendam komponen internal mesin kopi.

Water Tank
Mengisi air seduhan pada water tank selalu dilakukan, dan hal ini juga perlu diperhatikan kebersihannya. Tergantung tingkat kandungan larut pada air, water tank bisa menjadi kotor maka ada baiknya dibilas terlebih dahulu ketika mengisinya dengan air bersih mengalir. Kamu bisa juga secara berkala membersihkannya dengan air sabun jika itu dibutuhkan, seminggu sekali atau 1 bulan 2 kali.

Drip Tray
Nampan tetes pada mesin kopi otomatis terkadang penuh akibat dari tumpahan ketika proses seduh, ataupun ketika air mengalir saat pemanasan mesin. Drip tray biasanya ada indikator untuk melihat ketika air pada drip tray sudah penuh, dan harus segera dibersihkan. Drip tray yang penuh akan ketumpahan ke mana pun, bisa ke bagian internal mesin ataupun ke meja bar dan itu merepotkan nantinya.

Dreg Drawer dan Dreg Plate
Beberapa mesin kopi otomatis memiliki wadah untuk menampung ampas kopi setelah proses seduhan, dreg drawer dan dreg plate. Umumnya pada bagian ini ada indikator untuk memperingatkan pengguna agar dibersihkan segera. Sehinga perlu dibersihkan ketika waktunya tiba.

Brewing Unit
Komponen pada mesin kopi otomatis yang bekerja ketika ekstraksi kopi disebut brewing unit. Pada kasus ini pun, ketika brewing unit perlu dibersihkan mesin kopi otomatis akan memberikan indikator untuk segera dibersikan. Dan ketika memasangnya kembali harus teliti dan hati-hati bisa menyebabkan kerusakan komponen penting ini.

Descaling Internal Mesin
Untuk membersihkan internal saluran air pada mesin kopi otomatis perlu dilakukan descaling, beberapa mesin kopi otomatis memiliki indikator dan ada juga yang tidak memiliki indikator. Normalnya descaling dilakukan ketika indikator muncul, jika tidak ada indikator maka tergantung kuantitas sajian kopi bisa 200 sajian ataupun 300 sajian maka perlu dilakukan descaling manual.

Tiap mesin kopi otomatis memiliki perbedaan ketika tahap perawatan dan membersihkan ada baiknya membaca buku instruksi petunjuk manual hingga selesai. Membersihkan bagian luar badan mesin cukuplah lap dengan kain lembap yang lembut.

Apakah kamu memiliki mesin kopi otomatis, pengalaman seperti apa yang pernah kamu lakukan ketika membersihkannya?

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.