CARA MEMBERSIHKAN METAL FILTER DENGAN MAKSIMAL!

Metal filter atau penyaring metal memang secara pasti membuat ritual ngopi lebih aco-friendly namun penggunakan filter ini berarti harus mampu membersihkannya dengan maksimal agar seduhan tak ‘tercemar’ sisa kopi yang terjebak di sana.

SAYA pikir awalnya dengan menggunakan metal filter maka masalah akan selesai. Awalnya saya rasa metal filter ini mampu dibersihkan hanya menggunakan air saja. Namun, saya salah besar. Karena untuk beberapa pengalaman seduh, kopi-kopi hasil seduh sering terjebak di lubang-lubang mikroskopik metal filter ini. Satu masalah baru muncul, kawan!

Kita pikir lubang mikroskopik pada metal filter sudah pas dengan ukuran level gilingan kita. Padahal tidak selamanya begitu karena terkadang kita kerap bereksperimen dengan level gilingan demi hasil seduh yang lebih aduhai. Di sinilah permasalahan membersihkan metal filter jadi sedikit lebih repot.

Kopi-kopi yang menempel pada lubang terkadang terlalu tangguh dengan hanya dibersihkan oleh air saja. Suatu waktu saya ingin menyikat tapi sikat mampu meninggalkan goresan yang membuat metal filter yang tak murah harganya ini menjadi rusak. Belum lagi jika sikat kasar merusak lubang dan membuatnya menjadi lebih besar.

Well, menggunakan deterjen bukan solusi juga karena deterjen sepaket dengan aromanya akan tertinggal di metal filter dan mengganggu aroma kopimu. Jadi apa solusinya?

Seorang teman menyarankan untuk menggunakan baking soda. Ajaib! Baking soda yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan air hangat mampu menyingkirkan kopi-kopi yang terjebak di metal filter saya. Caranya cukup dengan merendam metal filter ke dalam campuran tadi selama kurang lebih sejam.

Kopi-kopi yang terjebak di lubang mikroskopik terlepas dengan sendirinya. Selain baking soda rupanya cuka juga bisa bekerja membersihkan kopi-kopi yang tertinggal di metal filter. Tinggal campurkan dengan air hangat lalu rendam kurang lebih sejaman. Kopi-kopi akan terlepas dengan sendirinya. Jangan lupa membilas dengan bersih dan keringkan sebelum digunakan untuk menyeduh lagi ya!

Ingat, metal filter harus terbebas dari kopi sisa seduh agar rasa kopimu sempurna dan alat seduhmu terbebas dari bakteri!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.