CARA MENANAM KOPI DALAM POT

Siapa bilang kopi tak bisa dijadikan tanaman hias? Pohon kopi seperti layaknya tanaman rumahan lainnya bisa ditanam di dalam pot dan menghiasi rumah nyamanmu.

SAYA melihat beberapa teman seperkopian menanam pohon kopi di dalam pot dan di letakkan di rumah serta kedai kopi mereka. Pohon kopi ternyata mampu bertahan lama dan cukup mudah pula perawatannya. Selain itu, bentuknya yang cantik memberi kesegaran sendiri bagi siapa saja yang memandangnya. Lalu bagaiman caranya jika kita ingin menjadikan kopi sebagai tanaman hias? Yuk simak caranya!

Pilih Bibit Unggul

Seperti tanaman serta tumbuhan lainnya, kamu tentu saja harus memilih bibit kopi yang unggul. Kamu bisa mendapatkannya di toko tanaman atau menghubungi petani kopi. Setelah itu pastikan kamu memiliki pot tanaman ukuran sedang atau bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Tapi ingat tidak bisa pot mini atau pot yang terlalu kecil karena akan menghalangi pertumbuhan batang kopinya.

credit: worldcoffeeresearch

Siapkan Tanah Subur

Setelah bibit dan pot kamu dapatkan maka selanjutnya kamu harus mencari tanah yang subur. Kalau bisa pilih tanah yang memiliki pupuk dan nutrisi agar tanaman kopi hiasmu tumbuh sehat. Sebelum menanam bibit kopi, rendam dulu bibit kopimu dengan air hangat semalaman lalu keringkan. Dan bibit ini siap untuk ditanam.

Mulai Menanam

Masukkan bibit ke dalam pot berisi tanah subur kira-kira di ke dalaman sepertiga ukuran pot. Pastikan bibit berada di tengah dan tutup rapat dengan tanah kembali. Lakukan penyiraman berkala terhadap pohon kopi ini. Pastikan tanah di dalam pot tetap lembab tapi jangan sampai terlalu basah saat menyiramnya. Oh iya, pastikan tanaman kopimu ini terkena sinar matahari yang cukup ya.

Jika kamu meletakkan pohon kopi ini jauh dari sumber cahaya matahari, maka sesekali pohon kopimu harus dibawa ke luar ruangan agar senantiasa sehat.

Selamat mencoba menanam kopi dalam pot ya. Semoga berhasil dan memberi kebahagiaan di sudut rumah dan kedai kopimu!

 

Artikel disunting dari 99.co dan berbagai sumber

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.