CARA MENYAJIKAN KOPI HITAM PADA PENGUNJUNG

Menyajikan kopi hitam sesuai selera pengunjung hotel atau café, bermula dari membuat kopi hitam dengan biji kopi berkualitas.

IDENTIK sajian kopi hitam dengan sebutan kopi yang memiliki karakter rasa kuat, umumnya para penikmat kopi hitam pun memiliki variasi ketika menikmatinya. Tidak sedikit yang menambahkan gula aren ke cangkir kopi mereka atau pun jenis pemanis lainnya. Sebabnya perlu perlakuan khusus untuk menyajikan kopi hitam yang sesuai dengan segala selera pelanggan. Beberapa tips yang mungkin membantu, sajikan kopi hitam pada para pengunjung hotel, atau pun pengunjung café.

Tren sajian kopi manual sangat mendunia dan menciptakan pecinta sejati pada sajian kopi manual ini. Sebabnya banyak sekali kedai kopi mengusung konsep sajian kopi manual, tapi jangan pernah beranggapan untuk mengabaikan kalangan penikmat sajian kopi hitam. Sajian kopi hitam identik karakter rasa yang kuat, sajian kopi dengan karakter rasa yang kuat adalah sajian espresso. Umumnya sajian kopi hitam mengacu pada sajian espresso yang dicampur dengan air panas, dan berikut cara menyajikannya.

  • Sajian kopi yang nikmat. Untuk menyajikan kopi hitam yang enak tentu harus membuat kopi dengan biji kopi berkualitas. Biji kopi digiling sesaat ingin membuat sajian kopi, bahkan tidak hanya tentang biji kopi, peralatan yang digunakan juga harus bersih. Mesin kopi atau pun peralatan kopi harus bersih dan bebas dari sisa kotoran. Tentu tidak akan ada yang menginginkan sajian kopi dengan rasa yang aneh disebabkan mesin kopi dan peralatan yang kotor.
  • Cangkir tepat untuk kopi hitam yang nikmat. Pemilihan cangkir perlu dipertimbangkan, karena cangkir mampu meningkatkan selera penikmat kopi. Tidak perlu menuang kopi hitam pada cangkir hingga penuh, sisakan tepi cangkir untuk keindahan, semakin estetis disajikan dengan piring cangkir.
  • Selalu sajikan kopi hitam dengan segelas air mineral. Menyandingkan air mineral dengan sajian kopi hitam membantu menetralkan mulut untuk benar-benar menikmati sajian kopi hitam yand tersaji.
  • Sajikan kopi hitam dengan potongan biskuit atau pun coklat. Pengunjung akan sangat bahagia mendapatkan panganan kecil untuk menemani meneguk kopi hitam. Tidak ada salahnya menyediakan gula, krim atau pun pemanis lainnya, karena tidak semua penikmat kopi hitam yang meminumnya tanpa pemanis.
  • Ciptakan pengalaman berkesan untuk pengunjung menikmati kopi hitam. Dari mulai komunikasi sesaat ketika menyajikan kopi hitam atau pun waktu penyajian yang tidak terlalu lama. Pengalaman berkesan yang tercipta akan memberikan kenyamanan dan kenikmat lebih sesaat kopi hitam diminum.
credit: unsplash.com

Penyajian yang baik memang tidak berpangaruh langsung terhadap karakter rasa dari sajian kopi. Namun, penyajian yang baik akan menciptakan suasana minum kopi yang berkualitas, sehingga minum kopi sangat dinikmati penuh kesan. Maka tidak heran jika beberapa kedai kopi atau pun hotel, memilih cangkir yang indah untuk menciptakan suasana minum kopi terbaik. Bagaimana menurut kamu, jika sajian kopi yang nikmat tapi tidak disajikan dengan baik.

sumber:
horecamasterschool.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.