Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Rasa nikmat kopi memang bisa membangkitkan suasana. Kopi juga mampu membangun semangat di pagi hari. Setelah bangun pagi, kopi akan membuat badan terasa segar dan bertenaga. Namun semua itu takkan berarti tanpa rasa yang istimewa.

Kenikmatan dan kesegaran kopi memang sangat dipengaruhi oleh jenis kopi. Namun teknik menyeduh yang tepat juga mampu memberikan pengaruh besar pada rasa yang dihasilkan. Untuk itu, penting bagi para penikmat kopi untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi dengan benar.

Sebelum mulai menyeduh kopi, pertama Anda harus mengetahui bahwa membeli kopi dan menyeduhnya sesegera mungkin adalah tindakan yang paling tepat. Hal ini memungkinkan Anda memperoleh rasa terbaik dari kopi yang ingin Anda nikmati. Selain itu, pastikan juga bahwa perlengkapan yang akan digunakan memang benar-benar bersih. Pastikan tidak ada minyak kopi ataupun sisa seduhan kopi sebelumnya.

Jika Anda membeli kopi, pastikan untuk membeli kopi dalam bentuk biji, dan menggilingnya ketika mau diseduh. Alat penggiling kopi atau grinder juga ada beberapa jenis. Burr ataupun mill grinder lebih dianjurkan karena penggiling tersebut mampu menghasilkan hasil gilingan yang konsisten. Sebaiknya jangan gunakan blade grinder karena penggiling kopi ini tidak mampu memberikan hasil gilingan yang konsisten.

Rasa yang terlalu pahit atau rasa yang terlalu datar semua itu disebabkan karena ekstraksi kopi yang dihasilkan. Jika biji kopi digiling dengan cara yang terlalu halus, maka rasa pahitnya akan sangat terasa. Sebaliknya jika rasa kopi terlalu datar, semua itu dikarenakan hasil penggilingannya yang kurang halus.
Penggunaan air juga mempengaruhi rasa yang dihasilkan.

Untuk memperoleh rasa kopi yang berkualitas, gunakanlah air yang telah disaring atau air minum botolan. Untuk menjaga rasa, hindari penggunaan air yang telah disuling atau diringankan kadar mineralnya. Rasio air yang digunakan juga perlu diperhatikan, dianjurkan 1gram kopi 15ml air. Perhitungan ini juga berlaku untuk kelipatannya.

Suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi adalah antara 90 hingga 96 derajat Celcius. Pada suhu ini, kopi akan terekstrak secara optimal. Suhu yang lebih dingin akan menyebabkan rasa kopi terasa datar. Kopi yang dimasak pada suhu yang terlalu panas juga akan menghilangkan kualitas rasa dari kopi tersebut.

Lama memasak atau menyeduh kopi juga mempengaruhi rasa kopi. Rasa terbaik dari kopi akan terasa setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas. Jika Anda menggunakan plunger pot, waktu kontak idealnya adalah antara 2 hingga 4 menit. Untuk jenis kopi espresso, lama kontaknya hanya berkisar antara 20 hingga 30 detik saja. Jika rasa yang dihasilkan kurang optimal, kemungkinan waktu kontak antara kopi dengan air panas masih terlalu cepat atau bahkan terlalu lama.

Rasa kopi terbaik hanya bisa dinikmati segera setelah waktu kontak idealnya tercapai. Karena itulah, segera nikmati kopi yang telah dimasak. Untuk menjaga temperature agar mampu bertahan lebih lama, gunakan cangkir kopi atau mug. Tapi pastikan untuk menjaga temperatur kopi pada suhu antara 80 hingga 85 derajat Celcius. Jika Anda menggunakan pemanas elektrik, pastikan jangan pernah menyeduh atau memanaskan kopi lebih dari 15 menit. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memanaskan ulang kopi Anda. Jika memang sudah dingin, akan lebih baik jika menikmati kopi dalam kondisi tersebut. Meski rasanya sudah memudar, ini jauh lebih baik dibandingkan dengan memanaskannya ulang.

9,123 total views, 126 views today

11 Comments
  1. terimakasih banyak atas informasinya, saya adalah peminum kopi umumnya kopi yg dibuat secara tradisional di kampung kampung belum tersentuh dengan peralatan yang baik, sewaktu waktu tentunya saya ingin memiliki piranti dan pernik pernik kopi seperti di majalah Otten.

  2. Mantap…terima kasih
    Kalau pengalaman saya …ternyata Mug / gelas keramik yang mahal dapat mempertahankan temperatur Kopi yg sudah diseduh…apalagi kalau sebelum menyeduh kopi di Mug…MUG terlebih dahulu disiram dengan air panas yg kita masak, baru kemudian masukan kopi dan seduh (seperti urutan diatas).
    Coba deh bandingkan Mug keramik yg harganya Rp.10.000,- polos tanpa merk
    dengan MUG merk ST. James…atau MUG buatan Itali…
    mudah-mudahan bermanfaat…

  3. pernah punya pengalaman di kampung,kopi di sangrai memakai kayu bakar dan di tumbuk dengan alat penumbuk dari kayu,waow..sensasi rasanya sungguh terasa original & nikmat..sedikit berbeda juga ketika kopinya di giling pake mesin,jauh lebih nikmat yg cara pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published.