Cara Menyimpan Kopi Yang Benar

Para penikmat kopi tentu menginginkan kopi yang nikmat dan segar. Sensasi kenikmatannya akan semakin mantap kala dinikmati di pagi hari, di saat akan memulai segala aktivitas. Namun tahukah Anda bahwa cara menyimpan kopi bisa mempengaruhi rasanya?

Itu memang benar, cara menyimpan yang salah justru akan mengurangi kesegaran kopi. Sayangnya, banyak yang tidak memahami hal ini. Alih-alih menyimpannya dengan benar, kebanyakan orang justru menyimpan kopi di tempat yang salah. Lebih parahnya lagi, itu semua sudah menjadi kebiasaan.

Cara menyimpan kopi yang benar adalah dengan menjauhkannya dari paparan udara, kelembaban, panas dan cahaya. Saat ini memang banyak yang masih menyimpan kopi di dalam toples kaca dan meletakkannya di atas meja dapur. Kopi di dalam toples kaca memang bisa menjadi dekorasi dapur yang menarik, namun hal ini justru mengancam kesegaran kopi tersebut. Paparan sinar matahari dapat merusak rasa dari kopi tersebut. Karena itulah rasa kopi rumahan seakan terasa tidak pernah sebaik kopi di warung kopi.

Satu hal penting yang juga perlu menjadi catatan adalah jangan pernah menyimpan kopi di dalam lemari es. Kelembaban yang ditimbulkan oleh lemari es akan merusak rasa dari kopi itu sendiri. Selain itu, pastikan juga untuk menghindari penyimpanan kopi di dekat oven. Meski Anda memasukkannya ke dalam lemari, hal ini tetap akan sia-sia jika lemari tersebut dekat dengan oven. Sebaiknya simpan kopi di dalam toples keramik dengan tutup yang mampu mengisolasi isi toples dengan udara luar. Toples dengan tutup yang sangat rapat bisa menjadi pilihan terbaik. Jangan lupa juga untuk menyimpannya di tempat yang gelap namun tetap sejuk.

Kopi kemasan umumnya tidak didesain untuk penyimpanan jangka panjang. Karena itu, saat membeli kopi kemasan Anda harus segera memindahkannya ke dalam wadah lain. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat dalam membeli kopi. Membeli kopi tidak sama dengan membeli keperluan bulanan. Sangat penting bagi para penikmat kopi untuk membeli kopi sesuai dengan kebutuhan. Kesegaran kopi paling lama hanya akan bertahan selama 1 hingga 2 minggu saja. Karena itu, jangan membeli kopi untuk persediaan lebih lama dari itu.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.