CARA MUDAH MEMBUAT LATTE TANPA MESIN ESPRESSO

Ternyata secangkir café latte bisa dinikmati tanpa harus menggunakan mesin espresso. Mau coba?

Di benak banyak orang mungkin membuat secangkir café latte atau cappuccino haruslah menggunakan mesin espresso. Padahal jika kamu tahu, secangkir café latte yang nikmat ternyata bisa dibuat dengan alat-alat kopi yang sudah kita miliki di rumah. Serunya lagi ternyata membuat café latte itu mudah dan tak pakai ribet. Dengan menggunakan alat kopi yang sudah kita miliki secangkir café latte atau cappuccino bisa dinikmati dengan rasa yang tak kalah nikmat dari yang dihasilkan mesin espresso.

Café latte dan cappuccino terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu. Biasanya dengan menggunakan mesin espresso, café latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang dihasilkan oleh steamer yang ada di mesin espresso tersebut. Nah, jika kita tak memiliki mesin espresso, bagaimana cara membuat café latte dan cappuccino? Tenang, berikut akan Otten Coffee kasih tips mudah cara membuat café latte dan cappuccino tanpa menggunakan mesin espresso. Selamat mencoba.

Cara Membuat Espresso


Tanpa mesin espresso, secangkir espresso tetap bisa disajikan, bukan? Sebagai peminum kopi sejati kamu pasti memiliki satu atau dua alat kopi yang bisa menghasilkan espresso. Jika kamu memiliki alat seperti Handpresso, Rok Presso dan Minipresso, membuat café latte dan cappuccino akan sangat mudah. Karena kedua alat ini sudah mampu menghasilkan kualitas espresso yang nyaris sama seperti mesin espresso. Tak hanya alat kopi tersebut yang bisa menghasilkan espresso, alat kopi manual brewing seperti Aeropress juga bisa digunakan. Dengan menggunakan Aeropress dan menambah dosis kopi agar bisa menghasilkan kopi yang lebih strong maka ini juga bisa menjadi bahan dasar membuat café latte di rumah. Mudah ‘kan?

Cara Membuat Steamed & Foam Susu


Untuk membuat steamed and foam susu sebenarnya tidak diperlukan alat pembuat foam mewah. Jika kamu sudah punya Aerolatte di rumah tentu saja membuat steamed and foam susu untuk café latte dan cappuccino menjadi lebih mudah. Tapi bagaimana jika kamu tak memiliki alat kopi apapun untuk membuat foam susu? Tenang jangan khawatir karena ternyata membuat foam susu tak sesulit yang dibayangkan. Berikut cara membuatnya:

1. Masukkan susu (gunakan susu 2% atau nonfat) ke dalam toples tahan panas dan tutup rapat.
2. Kocok susu tersebut sampai berbusa. Usahakan shake dengan cepat dan berulang-ulang sampai satu menit.
3. Buka penutup toples lalu masukkan toples berisi susu ke dalam microwave. Diamkan selama 30 detik. Susu akan membentuk menjadi foam dengan sendirinya.
4. Foam susu siap untuk digunakan.

Cara Membuat Café Latte & Cappuccino


1. Siapkan cangkir kopi favorit kamu.
2. Masukkan espresso yang telah dibuat dengan menggunakan Handpresso, Minipresso, Rok Presso, Aeropress atau alat kopi lainnya.
3. Tuangkan susu yang telah dimasukkan ke microwave tadi.
4. Tambahkan foam susu yang juga telah dibuat di microwave secukupnya. Jangan sampai terlalu penuh agar tak tumpah di cangkir kamu.
5. Tuangkan foam dengan menggunakan sendok di bagian tengah kopi agar rata.
6. Tambahkan cocoa butter atau cokelat bubuk sebagai garnish-nya.
7. Café latte atau cappuccino kamu siap untuk dinikmati.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

28 Comments
    1. Syphon menghasilkan kopi yang tidak terlalu strong. Dan Syphon tidak pernah disarankan untuk dijadikan latte hasil kopinya. Tapi soal bisa atau tidak mungkin bisa saja. Tapi hasilnya tidak memuaskan.

    1. french press bisa juga untuk membuat foam. panas kan susu sampai 72 derat Celcius, lalu tuang ke dalam frenc press, lalu pegas ke atas dan bawah sampai menjadi foam

  1. Maaf mau nanya, kalo susu yang baik untuk membuat cappucino atau moccaino serta latte art bagusnya merek apa yang mudah didapat ? Makasih sebelumnya ^^

  2. Kalau mesin kopi buat pemula atau newbie itu yang jenis apa atau merk apa
    Cocok di kantong pengganguran seperti saya 😀

  3. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya yg mencoba membuat kopi sendiri dirumah,saya rasa artikel ini hanya perlu menambahkan jumlah takaran kopi dan susu yg digunakan,,,thanks ??

  4. Saya pernah buat coffee latte tapi pake french press tapi haailnya kurang maxsimal menurut saya, boleh minta sarannya buat bikin kopi espesso yang nikmat tanpa harus pake mesin espresso gan.

    1. bias jadi waktu kocoknya kurang lama, kalau bias jangan terlalu tinggi saat shake pake French press. durasi sekitar 60 detik lah, terus kecepatan stabil. hasil foamnya udah keren

  5. Mas saya mau nanya, rencana saya mau buka warkop/coffeeshop sederhana buat usaha sampingan, kalau untuk kopi nya saya bingung mau pake manual buatnya atau pake alat-alat kopi sederhana?, kalau pun mesti pake alat kopi, alat kopi seperti apa yg seharusnya saya pergunakan?, terima kasih sebelumnya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published.